100 Hari Kerja : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KKT Komitmen tingkatkan Kualitas Pendidikan


Sekretaris Dikbud KKT - Christianus Fatlolon, SS,MM : “Tanggungjawab ini tidak hanya dilakukan satu dua orang, tetapi dalam bentuk tim terdiri dari semua stakeholder, untuk bersama mewujudkan pendidikan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar lebih khusus pendidikan yang berkualitas dan mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati. Agenda kegiatan yang sudah kami laksanakan sekaligus menjadi target kami. yaitu: 1).kita punya misi, Kabupaten Kepulauan Tanimbar kedepan dari sisi kualitas pendidikan itu paling tidak sedikit mendapat perengkingan artinya naik dari kondisi sekarang yang menjadi target kita. Tanggungjawab kita sekaligus sebagai kewajiban mutlak untuk mengimplementasi seluruh program kegiatan dalam prespektif pendidikan, guna membantu dan meningkatkan mutu pendidikan, mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati, untuk itu program 100 hari ini pasti saya dan kepala dinas yang baru punya orientasi mengutamakan disiplin ASN sebagai kunci untuk kita bisa bersama–sama bergandengan tangan meningkatkan kualitas pendidikan. “

Saumlaki, Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  terus berkomitmen dan bertanggungjawab dalam mewujudkan Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang cerdas, berkarakter dan unggul sebagaimana menjadi visi misi utama dari Bupati dan Wakil Bupati yang sementara ini mengembang tugas pemerintahan.

“Tanggungjawab ini tidak hanya dilakukan satu dua orang, tetapi dalam bentuk tim terdiri dari semua stakeholder, untuk bersama mewujudkan pendidikan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar lebih khusus pendidikan yang berkualitas dan mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati. Agenda kegiatan yang sudah kami laksanakan sekaligus  menjadi target kami. yaitu: 1).kita punya misi,  Kabupaten Kepulauan Tanimbar kedepan dari sisi kualitas pendidikan itu paling tidak sedikit mendapat perengkingan artinya naik dari kondisi sekarang yang menjadi target kita. Tanggungjawab kita sekaligus sebagai kewajiban mutlak untuk mengimplementasi seluruh program kegiatan dalam prespektif pendidikan, guna membantu dan meningkatkan mutu pendidikan, mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati, untuk itu program 100 hari ini pasti saya dan kepala dinas yang baru  punya orientasi mengutamakan disiplin ASN sebagai kunci untuk kita bisa bersama–sama bergandengan tangan meningkatkan kualitas pendidikan. “ ujar sekretaris Dikbud KKT Christianus Fatlolon, SS,MM ( Jumat 13/09/19 ) di Saumlaki

Demi meningkatkan kualitas Pendidikan tersebut menurut sekretaris Dikbud, dalam pekan ini pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan antara lain: membuat rapat koordinasi dan silaturahmi dengan para stakeholder pendidikan terkait dalam hal ini, kepala UPTBS, para kepala sekolah tingkat SD–SMP, TK–PAUD dan para bendahara sekaligus para operator dapodik.

“Kegiatan–kegiatan itu sudah kami laksanakan dan dituangkan dalam fakta integritas, Pertama; mengusahakan untuk Dapodik (Data Pokok Pendidikan) kita harus Valid.  Kedua terkait dengan upaya pendidikan maka tema penyampaian materi yang kita sudah laksanakan yang awalnya sudah dilaksanakan di Gedung Kesenian Saumlaki yaitu rapat dengan para pimpinan SD, SMP, bendahara dan operator yang sudah dilaksanakan dua pekan yang lalu, baru kemarin kami sudah laksanakan pertemuan dengan kepala TK – PAUD, bendahara dan operator di AULA Kementerian Agama dalam rangka misi yang sama yaitu bersama –sama berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan.”jelasnya.

Selanjutnya dijelaskan, sebagai bentuk implementasi dari pada itu, maka program – program kegiatan yang disiapkan dan sementara ini berjalan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang cerdas, berkarakter dan unggul.

“Kita bekerjasama dengan semua stakeholder pendidikan kita programkan gerakan bersama wajib membaca untuk semua kepala sekolah SD, SMP se-kabupaten Kepualaun Tanimbar dan setiap bulan wajib memasukan resume dari buku yang dibacakan secara berjenjang dari UPTBS dan UPTBS ke Dinas Pendidikan, kita mulai dari hal–hal kecil dan sederhana yang dapat membuat dampak positif yang besar. Selanjutnya,  gerakan untuk wajib belajar satu jam semalam di rumah masing –masing dalam rangka untuk misi yang sama untuk semua anak sekolah dan kita akan jadwalkan secara teknis jam belajar setiap jam 7.00 sampai 08.00 WIT. Kemudian, program English Day sudah jalan sehingga kita menghimbau semua kepala sekolah untuk merekrut guru–guru Bahasa Inggris yang mampu sehingga  program ini dapat berjalan, jadwalnya itu setiap hari jumat, dan sudah jalan dalam minggu ini  jalan. “tandasnya.

Ditambahkan, untuk meningkatkan Pendidikan yang berbasis IT direncanakan pelaksanaannya pada bulan  oktober 2019, dan semua guru dalam rangka meningkatkan SDM yang kompeten maka rencana kedepan untuk proses belajar mengajar ini harus menggunakan IT, jadi bentuk konkritnya yaitu pelaksanaan belajar mengajar dengan menggunakan infokus supaya perangkat belajar RPP, silabus dll harus melalui proses IT.

“Untuk itu rencana dalam program 100 hari ini kita akan laksanakan BIMTEK dalam rangka peningkatan  kompetensi penggunaan belajar melalui komputer untuk semua guru agar kedepan kita dapat laksanakan proses belajar mengajar dengan menggunakan infokus. ”katanya

Terkait dengan manajemen anggaran lanjutnya,  dapat dikelola kedepan sesuai dengan regulasi dan prosedur dengan baik sehingga ketika pada akhirnya  semua dapat menerima. Program ini akan kita lakukan evaluasi, monitoring dalam rangka mengukur index sejauhmana apa yang diprogramkan.

“Dinas Pendidikan sebagai sentral untuk merancang semua program kegiatan dalam rangka menjawab persoalan dan kebutuhan di lapangan untuk mewujudkan Indonesia yang maju, SDM harus unggul, Maluku yang cerdas dan Tanimbar yang cerdas, berkarakter dan unggul. Setiap hari Sabtu diprogramkan budaya  bahasa lokal, kita kembangkan walaupun susah, tetapi harus mulai disampaikan, “harapnya.

Menjawab pertanyaan tentang kesiapan SDM  untuk menyambut Blok Masela, dia mengatakan, Pemerintah Daerah lewat Dinas Pendidikan pasti merespon positif terkait dengan Blok Masela dan mempunyai tanggungjawab moril dan salah satu kita sudah galakan bersama untuk program English Day, kita juga akan bentuk English Club Convertation.

“Kita akan menyiapkan SDM mulai dari pelajar, apapun sulitnya niat kita harus mulai tetapi kita butuh dukungan dari setiap stacholder dan dari pihak INPEX ketika punya program untuk mencerdaskan masyarakat kita memajukan Indonesia, wujudkan pendidikan yang berkualitas pasti INPEX juga merupakan mitra kita, ”tandasnya


Share post ini: