5 (LIMA) PERANGKAT DAERAH BARU DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT


Dalam perpektif sosiologis, peraturan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat nomor 04 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan Perangkat Daerah yang diberlakukan pada tahun 2016-2018. Hal itu belum sepenuhnya memenuhi kondisi nyata di Kabupaten Maluku Tenggara Barat karena beberapa dinas daerah meliputi,: Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukima, Pertanahan, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengalami kelebihan beban(overload).

Saumlaki, Dalam perpektif sosiologis, peraturan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat nomor 04 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan Perangkat Daerah yang diberlakukan pada tahun 2016-2018. Hal itu belum sepenuhnya memenuhi kondisi nyata di Kabupaten Maluku Tenggara Barat karena beberapa dinas daerah meliputi,: Dinas Pekerjaan Umum,  Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukima, Pertanahan, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengalami kelebihan beban(overload).

Bagian perbatasan setda yang awalnya  menjalankan fungsi pendukung (supporting staff) pada sekretariat Daerah dan dinas Sosial yang sebelumnya dibentuk dengan tipe C tidak sesuai denbgan besaran fungsi yang dilaksanakan saat ini.

”Mendasari itu landasan yuridis sosiologi tersebut Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat memandang perlu untuk melakukan perbaikan dan penyesuaian secara komprehensif terhadap materi muatan peraturan Daerah nomor 04 tahun 2016 untuk merubah sebagiannya dengn membentuk 5 (lima) perangkat daerah baru antara lain : (1). Dinas Sumber daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi tipe A. (2). Cipta Karya dan Tata Ruang Tipe B. (3) Dinas Perumahan dan kawasan Pemukiman tipe B. (4). Dinas Pemuda dan olahraga Tipe B. (5) Badan Pengelola Perbatasan Daerah Tipe A, ” ungkap Wakil Bupati Agustinus Utuwaly saat pidato  penyampaikan rancangan Peraturan Daerah (Perda) di ruang sidang II DPRD MTB (17/9/2018)

Selain membentuk perangkat Daerah baru, Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat  juga meningkatkan Tipe Dinas Sosial dari tipe C menjadi Tipe A untuk disesuaikan dengan fungsi yang dilaksanakan. 

©diskominfo-mtb


Share post ini: