96 Persen Masyarakat KKT Dilayani BPJS Kesehatan


Bupati Kepulauan Tanimbar - Petrus Fatlolon : “Dengan penandatanganan MoU ini, itu pertanda bahwa sudah sekitar 96 persen seluruh warga masyarakat telah tercover dengan BPJS Kesehatan.”

Saumlaki, Jumlah penduduk Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pada akhir tahun 2017 berada pada angka 123.831 jiwa. Dari total jumlah penduduk tersebut yang telah memperoleh Layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebanyak 96 persen.

“Dengan tercovernya 96 persen masyarakat, yang mana di dalamnya ada kita ASN, masih ada 4 persen yang tidak tercover.” Kata Bupati KKT, Petrus Fatlolon di Saumlaki, Senin (22/7/2019).

Data penduduk terlayani BPJS Kesehatan tersebut, dijelaskan bupati dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Universal Healt Coverage (UHC) antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dengan BPJS Provinsi Maluku.

“Dengan penandatanganan MoU ini, itu pertanda bahwa sudah sekitar 96 persen seluruh warga masyarakat telah tercover dengan BPJS Kesehatan.” Kata Fatlolon.

Sebagaimana diketahui, salah satu visi besar Pemda KKT adalah mewujudkan Tanimbar yang sehat. Oleh karena itu, dengan tercovernya 96 persen masyarakat KKT dengan layanan BPJS Kesehatan, menunjukan pemerintah daerah sangat serius terhadap pelayanan kesehatan secara menyeluruh.

“Puji Tuhan, sudah mencapai 96 persen, khususnya dalam mewujudkan pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat.” Kata Fatlolon.

Menurut Fatlolon, penandatagan MoU ini sebagai bukti nyata bahwa pemda berkomitmen untuk mewujudkan visi besar, Tanimbar Sehat. Tidak saja slogan, tapi benar-benar diimplementasi dalam bentuk program dan kegiatan termasuk dukungan anggaran yang cukup. Fatlolon berharap, pada akhir masa jabatannya, BPJS Kesehatan sudah dapat mengcover seluruh masyarakat di daerah yang berjuluk duan-lolat tersebut.

“Diharapkan paling lambat tahun 2022 di akhir masa jabatan saya bersama Pak Wakil, kita bisa merampungkan, harus 100 persen.” Tegasnya.

Pada akhir acara, Fatlolon menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BPJS Provinsi Maluku atas kerjasama dan dukungan yang telah diberikan kepada pemda dan masyarakat Tanimbar di bidang kesehatan.

“Pemerintah daerah apresiasi dan berterima kasih atas itikad baik ini.” Pungkas Fatlolon.

Pada kesempatan terpisah Kepala BPJS Saumlaki mengatakan, BPJS Cabang Ambon mengucapkan selamat kepada Pemda KKT karena telah mensukseskan program nasional melalui Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan patuh terhadap undang-undang penyediaan jaminan sosial khususnya jaminan kesehatan.

“Harapan kedepannya, bapak Bupati KKT dapat melengkapi sarana dan prasarana serta ketersediaan dokter di fasilitasi kesehatan di wilayah KKT, sehingga peserta JKN-KIS yang mengakses pelayanan kesehatan dapat terlayani dengan baik.” Kata Kepala BPJS Saumlaki, Firmansyah di Saumlaki, Senin (22/7/2019).


Share post ini: