BALAI DESA LATDALAM SIAP DIRESMIKAN


Pembangunan Balai Desa dan Alun-alun Desa Latdalam yang berlokasi di jantung desa Latdalam, telah rampung dan siap untuk diresmikian dalam waktu dekat. Pimpinan desa telah melakukan pertemuan dengan pemangku kepentingan di desa dan membahas agenda dan teknis kegiatan peresmian balai desa dan alun-alun.

Saumlaki, Pembangunan Balai Desa dan Alun-alun Desa Latdalam yang berlokasi di jantung desa Latdalam, telah rampung dan siap untuk diresmikian dalam waktu dekat. Pimpinan desa telah melakukan pertemuan dengan pemangku kepentingan di desa dan membahas agenda dan teknis kegiatan peresmian balai desa dan alun-alun.

Penjabat Kepala Desa Latdalam, Fery Lambiombir menjelaskan, rencana peresmian yang semula ditetapkan pada tanggal, 16 Januari 2019 mengalami perubahan setelah pemerintah desa melakukan konsultasi dengan pemerintah daerah.

“sesuai permohonan desa, rencana tanggal, 16 Januari 2019 ini diresmikian tetapi setelah berkonsultasi dengan bapak Bupati, kami harus menyesuaikan dengan agenda beliau sehingga mengalami perubahan ke tanggal, 23 Januari 2019,” jelas pjs kepala desa Latdalam via telepon selular, minggu (13/1/2019).

Maka dalam upaya untuk mempersiapkan hal-hal terkait agenda dan teknis pelaksanaan kegiatan, pemerintah desa telah bermusyawarah dengan ketua-ketua RT/RW, kepala sekolah SD, SMP, SMA dan kepala-kepala Soa (mata rumah) yang berada di desa Latdalam Kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Pertemuan yang berlangsung tanggal, 12 Januari 2019 di kediaman pjs kepala desa membahas kesiapan pelaksanaan antara lain proses peresmian, yang dimulai dengan acara penyambutan Bupati dan rombongan menggunakan tari-tarian yang melibatkan siswa-siswa SD sampai SMA dan tarian Tnabar Fanewa (sejenis tarian Tnabar Ilaa tetapi melibatkan sedikit orang dan durasi yang pendek), kemudian dilanjutakan dengan acara seremonial, dan dilanjutkan dengan proses peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Maluku Tenggara Barat, Petrus Fatlolon. Pada sesi terakhir dilakukan makan bersama bagi tamu undangan dan makan bersama seluruh warga di alun-alun desa.

Untuk diketahui bahwa, balai desa dengan ukuran 12 x 30 m, memiliki kapasitas tempat duduk sekitar 450 – 500 orang dan alun-alun desa tersebut dikerjakan sejak bulan Mei 2018 dan berakhir pada November 2018, dengan menghabiskan anggaran 700 juta-an yang bersumber dari anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2018.

  • Sesuai permohonan desa, rencana tgl 16 januari tapi realisasi tgl 23 januari rapat dengan rt/rt menjelang persemian, penyambutan, acar seremonial dan bupati akan meresmikian balai desa dan alun-alun
  • Tarian pembuka sd, smp, sma dan tnabar fanewa, durasi dan jumlah personil agak pendek. Nabar ilaa besar dan waktu sangat besar.
  • Penandatangan prasisti gntunig pita, makan tamu dan makan bersama.
  • Rt, rw, kepala soa, kepsek sd-sma.
  • Balai desa 500 jutaan dari dana desa, peletakan mei 28/5/18 dan alun-alun 200 jutaan dari dana desa. Akhir kerja november 2018. Setelah MPP
  • Kapasitas 500 – 600 org, ukuran balai 12 x 30 m

 


Share post ini: