BEDAH RUMAH MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH


Bupati Maluku Tenggara Barat, Petrus Fatlolon, dalam kesempatan kunjungan kerja ke Kecamatan Tanimbar Utara telah melaunching Program Bedah Rumah (PBR) bagi masyarakat tidak berpenghasilan di Desa Ridol dan Ritabel, pada hari Kamis, (14/6/18).

Saumlaki, (Diskominfo). Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) terus berupaya melakukan perbaikan sarana/prasarana pada wilayah permukiman masyarakat yang tidak laik huni, dengan tujuan meningkatkan kwalitas hidup masyarakat yang lebih baik. Salah satu diantarnya adalah program bedah rumah.

Bupati Maluku Tenggara Barat, Petrus Fatlolon, dalam kesempatan kunjungan kerja ke Kecamatan Tanimbar Utara telah melaunching Program Bedah Rumah (PBR) bagi masyarakat tidak berpenghasilan di Desa Ridol dan Ritabel, pada hari Kamis, (14/6/18).

“kalau di Larat ini kita bangun baru dua unit rumah, bukan bedah, kalau bedah ada bagian-bagian tertentu saja diperbaiki. Tetapi yang kita bangun ini dimulai dari fondasi. Sedangkan untuk masyarakat tidak berpengahasilan yang belum kebagian akan ditangani dinas terkait seperti Dinas Sosial dan PU tetapi dua rumah yang saya lihat ini memang betul-betul harus segera ditangani” ujar bupati. Selain bangun baru dua rumah di desa Ridol dan Ritabel, pemda juga melakukan renovasi pasar, khususnya pada bagian atap yang sudah rusak, “pasar ini sudah mendesak ya, karena kalau hujan para pedagang basah kuyub di sini dan jualan mereka itu pada rusak semua, dan ini pedagang yang 100% orang Tanimbar, datang dari  Lamdesar Timur, Lamdesar Barat dan desa desa disekitar kecamatan tanimbar utara. Bayangkan kalau hujan, jualan mereka basa, akhirnya ya saya putuskan untuk kita swadaya pakai biaya perjalanan dinas yang ada, kita tidak tidur di hotel tapi kita tidur di Mes, supaya biaya perjalanan dinas itu kita pakai untuk beli bahan,” lanjut Bupati.

Menjawab pertanyaan program bedah rumah di kecamatan lain kata bupati, sudah diprogramkan dinas terkait, namun khusus di Teneman, Kecamatan Wuarlabobar direncanakan akan dibangun 14 rumah baru, bagi masyarakat disana, “kita rencana tahun depan Musrenbang tingkat Kabupaten itu dilaksanakan di Tenaman,  kita bangun baru disana sekitar 14 unit rumah. Mengapa kita bangun baru, karena di sana rumahnya itu masih lantai tanah, dindingnya dari bambu dan atapnya masih daun kelapa,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, rumah masyarakat tersebut merupakan penyebab dari tingginya tingkat kemiskinan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, karena itu pemerintah daerah terus berupaya menggalakan berbagai program pembangunan guna mengentaskan kemiskinan dimaksud.

Sementara itu Camat Tanimbar Utara, Daniel Sabono, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah karena dengan menperhatikan kondisi riil di Kecamatan Tanimbar Utara untuk membedah rumah, “kami sebagai pemerintah kecamatan atas nama seluruh warga kecamatan di Bumi Lelemuku, dengan melihat dan ikutserta bapak bupati terlibat aktif berpartisipasi membangun rumah masyarakat miskin, di Kecamatan Tanut, khususnya di desa Ridol dan Ritabel. Karena itu semua masyarakat begitu tulus menyambut niat baik dan bergembira karena Pak Bupati telah mengaktualisasikan bahkan mengimplementasikan Visi Misi dalam pemerintahan lima tahun ke depan,” ujar Sabono.

Dia berharap, program bantuan bangun baru rumah masyarakat tersebut, tidak sebatas pada jumlah unit rumah, namun akan terus meningkat, “kami percaya sungguh, bahwa bukan hanya sebatas tadi saja, bedah rumah dilakukan untuk dua unit rumah, tetapi ini terus ditingkatkan guna mendorong tumbuh kembangnya partisipasi masyarakat, dan bagaimana masyarakat ada dalam kebersamaan membangun sebuah dinamika pembangunan dengan senantiasa bergotong –royong,” harap Sabono.

Untuk diketahui bahwa, bedah rumah dan bangun baru rumah merupakan program Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah yang dananya bersumber baik dari BUMN maupun BUMD. Proses pekerjaan bangun baru dua unit rumah di Larat dengan luas bangunan 6 x 6 m2 itu, hingga rampung membutuhkan waktu 6 hari serta melibatkan sejumlah tenaga pegawai pemda dan anggota Koramil Larat, untuk mempercepat pekerjaan fisik bangunan tersebut.

©diskominfo-mtb


Share post ini: