BPS MTB GELAR APEL HARI STATISTIK NASIONAL (HSN) TAHUN 2018


Pelepasan Balon oleh Kepala BPS Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Barbalina.W.Ch.Masela, dalam Apel Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2018, bertempat di Hotel Beringin Dua Saumlaki, Rabu (26/09/2018).

Saumlaki, Badan Pusat Statistik Kabupaten Maluku Tenggara Barat menggelar Apel dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional bertempat di Hotel Beringin Dua Saumlaki. Rabu ( 26/09/2018 ).

Hari Statistik Nasional (HSN) diperingati pada tanggal 26 September 2018, Bertindak selaku pembina apel, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Maluku Tenggara Barat Barbalina.W.Ch.Masela ketika membaca sambutan Kepala Pusat  Badan Pusat Statistik Dr. Suhariyanto mengatakan,  HSN adalah hari dimana kita dan seluruh insan di indonesia merayakan arti pentingnya statistik dan kontribusinya yang besar bagi pembangunan bangsa dan negara. Namun, dibalik perayaan itu, ada tanggungjawab yang besar seperti yang tertuang dalam tema tahun ini Yaitu, “ Dengan Data, Tingkatkan Prestasi Bangsa.”

”Tema ini mengingatkan kita untuk terus menerus meningkatkan kualitas data yang kita hasilkan dan menjaga independensi. Statistik bukan sekedar deretan angka-angka mati pada web BPS maupun publikasi yang kita terbitkan. Sebaiknya, data dan informasi statistik merupakan landasan untuk membuat perencanaan yang tepat sasaran, melakukan monitoring dan evaluasi serta melihat perkembangan capaian pembangunan, ” katanya.

Di tengah pusaran politik akhir-akhir ini, data BPS menjadi sangat sentral. Berbagai polemik, pro dan kontra, bisa timbul dari data yang kita hasilkan. Tetap tenang, luruskan niat, pertahankan independensi, dan perkuat pijakan terhadap basis statistik. Kuasai konsep, defenisi, metodologi dan interpretasi. Tunjukan kepada semua bahwa kita  adalah Statistik yang  Profesional,memiliki Integritas tinggi dan Amanah.

”Saya Yakin, dengan terus bekerja keras dan cerdas, upaya kita pasti akan membuahkan hasil yang membanggakan, bukan hanya untuk BPS  tetapi juga untuk bangsa Indonesia,” lanjutnya

Perlu saudara-saudara ketahui bahwa saat ini kita mulai menyusun Strategi Nasional Pembangunan Statistik Nasional (SNPSI) tahun 2020-2024, bekerja sama dengan stakeholders terkait dan dengan dukungan dari Paris 2. Strategi Nasional ini merupakan inisiatif Indonesia untuk membangun kapasitas statistik SDM, memperkuat koordinasi/komunikasi lintas K/L, instansi, dan Pemda sebagaipenyedia data statistik sektoral serta melakukan penjaminan kualitas data. “Hari Senin, 24 September 2018, kita telah menggelar Kick Off Meeting dan Workshop Penyusunan SNPSI.  Insya Allah,  jika sudah bisa memiliki SNPSI, Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif dan efisiensi dapat segera terwujud.

Dikatakan,  ada tiga hal yang harus kita perhatikan dalam upaya menjaga kredibilitas dan meningkatkan kualitas data BPS yaitu: Pertama, Independensi,  Independensi menjadi persyaratan untuk mendapatkan trust atau kepercayaan dari para pengguna data dan masyarakat. Kedua Inovasi, Perkembangan teknologi yang luar biasa, perputaran arus informasi yang begitu cepat dan munculnya era revolusi industri 4.0, memaksa kita untuk terus menciptakan berbagai inovasi dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Tidak bisa lagi bersantai-santai, merasa nyaman melakukan business as usual yang dibangun diatas paradigma usang. Ketiga Komunikasi. Setiap kita harus mampu mengkomunikasikan kepada masyarakat terkait pentingnya data dan informasi statistik yang kita hasilkan untuk mengukur kemajuan pembangunan di Indonesia. Manfaatkan waktu luang saudara untuk mempelajari hal-hal terkait data BPS yang belum saudara kuasai. Jangan berhenti belajar.Pergunakan jam kerja secara efektif. Belajar dan terus belajar tentang kegiatan dan data BPS, kemudian komunikasikan dan sosialisasikan sesuai kemampuan yang saudara miliki.

 

 

Terkait ini, saya ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada  para statistik muda BPS, baik pusat maupun daerah, yang telah berhasil menulis diberbagai media nasional, media online, maupun media sosial. Saya sudah membaca tulisan-tulisan saudara. Jujur saya sangat bangga dan terharu, tulisan saudara saya nilai bagus, ditulis dengan bahasa yang santun, tidak memihak dan tidak menyudutkan.

”Saya harap saudara –saudara akan terus semangat membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya data statistik dan memberikan pencerahan bahwa apa yang kita lakukan disini adalah semata-mata demi kemajuan dan kejayaan bangsa indonesia, ” harapnya

Diakhir apel bersama, dilaksanakan penyerahan Piagam Pengharagaan Satya Lancana Karya satya 10 tahun kepada 2 pegawai dan piagam tanda Pengharagaan Koordinator Statistik Kecamatan Berprestasi Tingkat Kabupaten/kota tahun 2018. Masing-masing, Thymouty J. Siwabessy, Irena M Huwae dan Bapak Alvin E. Palijama.


Share post ini: