Bupati Fatlolon: Seluruh Program Kegiatan Pembangunan Haruslah Berpedoman Pada RPJMD


Bupati Kepulauan Tanimbar - Petrus Fatlolon : "saya telah meminta kepada BAPPEDA supaya menyusun target dalam RPJMD janganlah muluk-muluk, Harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, Jangan sampai nanti ada program kegiatan yang kita rencanakan sementara tidak didukung oleh kemampuan keuangan daerah.”

Saumlaki, Seluruh rencana program kegiatan pembangunan untuk tahun 2017 sampai dengan tahun 2022 haruslah berpedoman pada RPJMD.

Penegasan itu disampaikan  Bupati Kepulauan  Tanimbar Petrus Fatlolon pada acara forum gabungan Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD) yang digelar Bappeda Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Auditorium lantai 4 kantor Bupati, Selasa (22/3/2019), 

Menurutnya, Ada beberapa prioritas pembangunan guna mewujudkan visi besar pemerintah belum tercapai, karena ditemukan masih ada SKPD yang menyusun rencana program kegiatan tidak sejalan dengan RPJMD.

”Ada beberapa faktor yang menyebabkan, salah satu diantaranya adalah kekurangmampuan pemahaman dari SKPD tertentu tentang pencapaian yang sudah kita sepakati dalam RPJMD,” ungkapnya  

Karena itu lanjut Bupati, evaluasi yang telah dilakukan diakui sangat penting untuk mereview  target-target capaian yang dinilai sudah  melampaui tapi ada yang belum sama sekali.  

”saya telah meminta kepada BAPPEDA supaya menyusun target dalam RPJMD janganlah muluk-muluk, Harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, Jangan sampai nanti ada program kegiatan yang kita rencanakan sementara tidak didukung oleh kemampuan keuangan daerah,”lanjutnya

Diakui, Hasil evaluasi dari program kegiatan  pada tahun anggaran 2018 belum banyak memberikan kontribusi terhadap capaian program-program kegiatan, capaian-capaian target yang telah kita rencanakan di RPJMD. Karena itu pimpinan SKPD dan semua staff yang terkait diminta untuk harus pelajari RPJMD.

”SKPD yang kita pimpin ini harus melakukan apa, merencanakan program kegiatan apa, jangan sampai nanti program kegiatannya tidak selaras dengan RPJMD, ”tegasnya.

© Diskominfo 2019


Share post ini: