Bupati Kepulauan Tanimbar: Kondisi Kamtibmas Menjelang Pilkades Serentak Kondusif


“Tidak ada kondisi apapun yang mencekam di Kepulauan Tanimbar. Kondisi Kamtibmas di Kepulauan Tanimbar, dari ujung Molu Maru sampai ujung Selaru, saat ini aman dan kondusif,” kata Fatlolon kepada sejumlah awak media di ruang kerja Bupati Kepulauan Tanimbar, Selasa, 16 Februari 2021.

Saumlaki, Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon, S.H., M.H., memastikan bahwa saat ini masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar berada dalam situasi yang kondusif. Hal ini disampaikan menyusul mencuatnya isu mengenai terjadinya sejumlah konflik sosial yang menyebabkan suasana mencekam di masyarakat menyongsong pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2021 di daerah ini.

“Tidak ada kondisi apapun yang mencekam di Kepulauan Tanimbar. Kondisi Kamtibmas di Kepulauan Tanimbar, dari ujung Molu Maru sampai ujung Selaru, saat ini aman dan kondusif,” kata Fatlolon kepada sejumlah awak media di ruang kerja Bupati Kepulauan Tanimbar, Selasa, 16 Februari 2021.

Fatlolon melanjutkan bahwa pihak yang memiliki otoritas untuk memastikan situasi Kamtibmas di suatu daerah adalah pemerintah daerah, tentunya setelah mendapatkan pertimbangan berupa kajian dan analisis dari pihak POLRI yang didukung oleh pihak TNI.

Terkait dengan pelaksanaan Pilkades Serentak pada tahun 2021 di daerah ini, Fatlolon mengemukakan bahwa pemerintah daerah telah membangun komunikasi yang intensif dengan pihak POLRI dan TNI untuk memastikan agar Pilkades Serentak ini berlangsung dalam suasana yang kondusif. “Secara khusus saya sudah menghubungi Pak Kapolres dan Pak Dandim untuk memastikan keterlibatan POLRI dan TNI dalam upaya untuk menjaga kondisi Kamtibmas di Tanimbar, baik sebelum pelaksanakan maupun pascapelaksanaan pemilihan kepala desa secara serentak nanti,” tegas Fatlolon.

Selanjutnya, Fatlolon mengingatkan semua pihak untuk dapat berkolaborasi dalam upaya untuk menyukseskan Pilkades Serentak pada tahun 2021 di daerah ini. ”Saya mengingatkan semua pihak agar jangan menyampaikan statement yang membingungkan masyarakat, jangan sampai mengadu domba masyarakat. Marilah kita bersama-sama bergandengan tangan untuk membangun Tanimbar melalui pemilihan kepala desa yang aman dan damai,” kata Fatlolon.

Sementara itu, mengenai wacana terkait rencana monitoring dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Maluku terhadap pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Fatlolon mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Panitia Pelaksana Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar selalu siap kapan saja ketika ada kunjungan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Maluku untuk memantau pelaksanaan setiap tahapan Pilkades Serentak yang sudah dilaksanakan oleh panitia sampai saat ini.

Sebelumnya, Panitia Pelaksana Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar memastikan bahwa seluruh tahapan Pilkades di daerah ini akan tetap berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Sementara itu, untuk mencegah terjadinya konflik sosial dalam proses Pilkades Serentak ini, beberapa waktu yang lalu telah dilaksanakan Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, yang dipimpin secara langsung oleh Bupati Kepulauan Tanimbar dan disaksikan oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Pada tahun 2021 ini akan dilaksanakan Pilkades secara serentak di 48 desa yang tersebar pada 10 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, pemungutan suara akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 1 Maret 2021 mendatang.


Share post ini: