Bupati Kepulauan Tanimbar Tinjau Pembangunan Lokasi Kegiatan MTQ Ke-XXIX Se-Provinsi Maluku di Lapangan Mandriak Saumlaki.


Bupati Kepulauan Tanimbar - Petrus Fatlolon, SH, MH bersama rombongan panitia MTQ Kabupaten Kepulauan Tanimbar meninjau pembangunan lokasi pelaksanaan MTQ ke-29 bertempat di Lapangan Mandriak Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan. 

Saumlaki - Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon S.H., M.H., bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Wakil Uskup Wilayah Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Tanimbar, berkunjung ke lokasi pembangunan fasilitas penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX yang bertempat di Lapangan Mandriak, Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kamis, 04 Februari 2021. Pada kesempatan ini, Bupati bersama rombongan melakukan peninjauan langsung terhadap progres pembangunan tempat parkir, panggung, tribun, ruang VIP, dan ruang VVIP. Sejumlah fasilitas fisik yang sedang dibangun tersebut direncanakan akan difungsikan sebagai fasilitas pendukung pada penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada bulan Oktober 2021 mendatang. Selain sebagai tempat penyelenggaraan perlombaan, Lapangan Mandriak sendiri telah ditetapkan sebagai tempat pelaksanaaan acara pembukaan dan penutupan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX.

Pada kesempatan ini, Bupati menjelaskan beberapa hal terkait progress pembangunan fasilitas fisik dimaksud. “Untuk panggung utama, saya bisa katakana sudah sekitar 80% siap. Sementara untuk podium, baik untuk VVIP, VIP, maupun untuk tamu undangan lainnya sekitar 40%. Target untuk podium itu selesai pada bulan Maret 2021, sesuai penjelasan pengawas dari balai maupun dari kontraktor pelaksana. Pada kesempatan ini kita juga meninjau tempat parkir untuk undangan VVIP dan VIP, baik untuk Forkopimda Provinsi Maluku, maupun untuk para kepala daerah dari 11 kabupaten/kota se-Provinsi Maluku. Selain itu, kita juga memastikan kebutuhan tenda untuk kafilah dari 11 kabupaten/kota, sekaligus melihat kondisi lapangan yang ada untuk penanaman rumput hidup, bukan rumput mati. Khusus untuk kontingen dari 10 kabupaten/kota di luar Tanimbar akan disediakan hotel dan penginapan, Mes Pendeta dari Klasis, dan Mes Pastoran dari Keuskupan Wilayah. Sementara untuk kontingan tuan rumah, akomodasi akan disiapkan oleh LPTQ Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” jelas Fatlolon

Sementara itu, Wakil Uskup Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya, Romo Simon Petrus Matruty, Pr., ketika dijumpai dalam kunjungan tersebut mengatakan dukungannya terhadap pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX. “Kami selaku panitia pelaksana bersama dengan pemerintah daerah datang untuk melihat kesiapan-kesiapan fisik terkait dengan pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX nanti. Kelihatannya, seperti yang dikatakan oleh Bapak Bupati, bahwa segala persiapan itu sedang dilakukan dan terlihat berjalan lancar, tidak ada kendala. Sebagai panitia kami pantas memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dalam hal ini Bapak Bupati Petrus Fatlolon yang memberikan perhatian dan dukungan penuh untuk pelaksanaan MTQ kali ini. Kami. berterima kasih, walaupun kita tahu bersama bahwa di Kabupaten Kepulauan Tanimbar ini mayoritas umatnya beragama Katolik dan Kristen, tetapi pemerintah daerah mampu mengakomodir semua aspirasi dari masyarakat untuk memberikan dukungan positif bagi terselenggaranya Kegiatan MTQ di sini,” ucap Matruty.

Selanjutnya, Matruty menjelaskan bahwa melalui penyelenggaraan MTQ kali ini Tanimbar dapat memberikan contoh yang baik (best practices) terhadap toleransi antarumat beragama. “Sebagai bagian dari panitia, kami bersyukur bahwa bukan hanya umat muslim yang dilibatkan dalam kepanitiaan ini, tetapi banyak unsure kepanitiaan yang berasal dari agama lain, diantaranya saya sebagai Wakil Uskup dan Ibu Pendeta sebagai Ketua Klasis. Saat ini banyak terjadi praktik intoleransi di banyak tempat di Indonesia. Karena itu, kami merasa perlu untuk memberikan perhatian penuh kepada Kegiatan MTQ nanti. Kami ingin memberikan contoh kepada Indonesia, bagaimana hidup bertoleransi itu berlangsung. Dari timur untuk Indonesia. Dari Saumlaki, dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk Indonesia.Kami ingin tunjukkan bahwa di Tanimbar ini semangat toleransinya sangat tinggi,” tegas Matruty.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Drs. Benediktus Fenyapwain, memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah atas tahapan-tahapan yang sedang dilakukan menyongsong pelaksaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX. “Kami dari Kementerian Agama merasa optimis dengan kesiapan ini. Kami yakin semua fasilitas pendukung yang sementara dibangun untuk pelaksanaan MTQ kali ini akan siap pada waktunya,” tutup Fenyapwain.

Turut hadir dalam kunjungan kali ini, Direktur Operasional Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kepulauan Tanimbar, serta sejumlah Pimpinan SKPD dan Unit Kerja dalam lingkup Pemerintah  Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


Share post ini: