BUPATI MALUKU TENGGARA BARAT : 5 SAMPAI 6 ORANG YANG MEMILIKI LATAR BELAKANG KEAHLIAN TENUN IKAT AKAN DIANGKAT MENJADI PNS


BUPATI MALUKU TENGGARA BARAT : 5 SAMPAI 6 ORANG YANG MEMILIKI LATAR BELAKANG KEAHLIAN TENUN IKAT AKAN DIANGKAT MENJADI PNS

SAUMLAKI, Bupati Maluku Tenggara Barat-PETRUS FATLOLON mengatakan, sebanyak 5 sampai 6 orang   yang memiliki kemampuan Tenun Ikat akan diproses untuk diangkat menjadi PNS. Hal tersebut dimaksudkan agar  mereka yang memiliki kemampuan tenun ikat akan melatih generasi berikutnya untuk memilik keterampilan tersebut “Kedepan saya berharap nanti ada pengangkatan PNS paling tidak, ada 5 sampai 6 orang,  tapi mereka harus punya latar belakang keahlian di tenun, supaya mereka bisa mengerjakan tenun di Rumah Tenun yang akan dibangun di Kantor Bupati” Ujarnya.

Hal itu disampaikan Bupati Maluku Tenggara Barat Petrus Fatlolon ketika melakukan kunjungan kerja sekaligus membuka kegiatan Bulan bahkti Gotong Royong ke-14 dan HUT PKK ke -45 di Kecamatan Wermaktian (6/6) lalu.

Sehubungan dengan industri tenun tersebut kata FATLOLON, Pemerintah akan membangun Rumah Tenun sebagai tempat pelatihan, sehingga industri Tenun di Kabupaten Maluku Tenggara senantiasa ditingkatkan pelestariannya. Karena itu FATLOLON berharap Tim penggerak PKK dapat bertindak sebagai motor penggerak untuk mengayomi para pengrajin Tenun di Maluku Tenggara Barat sehingga industri Tenun yang merupakan budaya daerah MTB senantiasa bertumbuh dan berkembang secara terus menerus.

Industri Tenun ikat yang merupakan budaya daerah sebelumnya telah dirintis dan dikembangkan oleh Pemerintahan MTB sebelumnya sebagai peletak dasar pembangunan, dengan berbagai motif menarik yang diperkenalkan hingga ke dunia internasional, oleh karena itu harus tetap menjadi komitmen pemerintah saat ini untuk terus dikembangkan dan dilestarikan sebagai wujud penghargaan terhadap peninggalan para leluhur sekaligus bertujuan  untuk memperkaya budaya Nasional.

Para Pengrajin Tenun Ikat di daerah ini yang sebelumnya masih mencari tempat pemasaran kini mulai berlega hati karena Pemerintahan telah memberi perhatian melalui berbagai kebijakan, apalagi perhatian itu hingga mengarah kepada proses pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil.

 

 

 

 

 


Share post ini: