Bupati Melantik Sejumlah Pejabat Struktural Eselon II, III dan IV Lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar


Pelaksanaan Pelantikan dimaksudkan untuk mengisi sejumlah jabatan yang kosong terutama pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik yang telah naik statusnya menjadi Badan sehingga jabatan yang ada harus segera diisi. Selain itu juga terjadi pergantian pejabat, di mana hal ini  dimaksudkan untuk penyegaran dan secara khusus untuk meningkatkan kinerja dari Pejabat Struktural yang dilantik dan secara umum terhadap SKPD yang dipimpinnya.

Saumlaki, Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati (sementara) Kewar Botan, Bupati KKT, Petrus Fatlolon, SH, MH melantik sejumlah Pejabat Eselon II, III dan IV pada hari Rabu, 5 Pebruari 2020. Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah KKT Piterson Rangkoratat, SH, Staf Ahli Bupati, Para Asissten  dan Sejumlah Pimpinan SKPD serta Tokoh Agama.

Pelaksanaan Pelantikan dimaksudkan untuk mengisi sejumlah jabatan yang kosong terutama pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik yang telah naik statusnya menjadi Badan sehingga jabatan yang ada harus segera diisi. Selain itu juga terjadi pergantian pejabat, di mana hal ini  dimaksudkan untuk penyegaran dan secara khusus untuk meningkatkan kinerja dari Pejabat Struktural yang dilantik dan secara umum terhadap SKPD yang dipimpinnya.

Bupati melalui sambutannya menyampaikan bahwa beliau optimis terhadap para pejabat yang baru dilantik ini, mampu untuk menjadi mitra dan menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di KKT. Pada kesempatan itu juga Bapak Bupati menyoroti tentang kondisi dan proses pembangunan yang ada di Kecamatan Molo Maru. Kepada Camat Molo Maru yang baru Sdr. Zadrak Tagurihi, S.STP, Bupati berpesan dan memerintahkan yang bersangkutan agar segera melakukan pembenahan baik terhadap Staf di Kantor Camat Molo Maru dan perbaikan pelayanan dasar khususnya pelayanan kesehatan dan pendidikan.. Selain itu juga secara tegas Bupati memerintahkan Camat Molo Maru yang baru agar segera melakukan perbaikan ruas jalan menuju Kantor Camat yang mengalami rusak parah akibat longsor pada badan jalan.

Secara tegas juga Bupati perintahkan kepada Camat Molo Maru agar setelah pelantikan segera melakukan koordinasi dengan SKPD terkait sehingga semua persoalan di Kecamatan dapat dituntaskan termasuk disiplin pegawai yang sangat buruk.

Pada kesempatan itu juga Bupati menegaskan bahwa sudah saatnya Pemerintah Daerah secara obyektif akan menilai para pejabat yang berprestasi dan dipromosikan pada jenjang jabatan yang lebih tinggi. Pada awal Tahun 2020, beliau menyampaikan bahwa dirinya telah menandatangani SK Pensiun bagi 50 PNS yang memasuki masa Purna Bhakti dan sebagian besar adalah Tenaga Guru. Oleh karena itu semua pihak terutama jajaran di Bidang Pendidikan untuk segera mengambil langkah-langkah guna mengantisipasi kondisi kekurangan guru, karena berdasarkan data yang ada bahwa setiap tahun sekitar 100 Tenaga Guru di kabupaten ini memasuki masa pensiun.

Terkait dengan penerimaan CPNS, Bupati memberi instruksi kepada Badan Kepegawaian dan SDM, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar segera melakukan intervensi terhadap proses seleksi penerimaan CPNS dengan melakukan kerjasama dengan Pihak Badan Kepegawaian Negara untuk melatih secara teknis peserta seleksi yang telah lolos administrasi sehingga mereka dapat membaca dan menjawab soal dengan baik. Hal ini perlu dilakukan sehingga jumlah peserta yang lulus seleksi semakin banyak dan dan dapat menjawab kebutuhan tenaga guru dan tenaga kesehatan yang masih kurang salah satunya akibat PNS yang memasuki masa pensiun.

Jumlah Pejabat Struktural yang dilantik berjumlah 110 Orang dengan rincian : Pejabat Tinggi Pratama (Eselon II) sebanyak 11 orang, Pejabat Eselon Administrator (Eselon III) sebanyak 40 orang dan Pejabat Pengawas (Eselon IV) sebanyak 59 orang.

Berikut Pejabat Tinggi Pratama yang dilantik :

  1. MESAK RAHANDEKUT, S.Pd, M.Pd sebagai Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan KKT.
  2. ROSIAS R. M. KABALMAY R.D, S.Pt, M.Si sebagai Kepala BAPPEDA KKT.
  3. Ir. ALOWISIUS BATKORMBAWA sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah KKT.
  4. Drs. D. A. T. SABONO, M.Si sebagai Asisten Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan Setda KKT.
  5. dr. EDWIN TOMASOA sebagai Kepala Dinas Kesehatan KKT.
  6. dr. JULIANA Ch. RATUANAK sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Masyarakat.
  7. PAULUS. A. SABONO, AP sebagai Sekretaris DPRD KKT.
  8. J. RONALD WATUMLAWAR, SP, M.Si sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan,
  9. Ir. MESALA HUTABARAT sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan SDM.
  10. DAMIANUS LAMERE, ST sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP KKT
  11. CORNELES BELAY, S.Sos, M.Si sebagai Asisten Bidang Pemerintahan Setda KKT.

Pejabat yang mendapat Perintah Bupati sebagai Pelaksana Tugas antara lain :

  1. B. MORIOLKOSSU, SH, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik melaksanakan tugas sebagai PLT. Kepala Badan KesbangPol KKT.
  2. JUNUS FREDEK BATLAJERY, SH, Sekretaris Dinas Perikanan melaksanakan tugas sebagai PLT. Kepala Dinas Perikanan KKT.
  3. YOHANIS FENANLAMPIR, SE, Sekretaris Dinas Satuan Polisi Pamong Praja melaksanakan tugas sebagai PLT. Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja KKT.

 


Share post ini: