BUPATI MEMBUKA RAPAT KOORDINASI TEKNIS PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA


Pada kesempatan itu Bupati mengajak para peserta rapat untuk menyamakan persepsi dalam rangka menyusun Rencana Prioritas Program Kerja Desa, Kecamatan dan Kabupaten. Ini semua perlu disinergikan dan harus tetap berpedoman pada RPJMD Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang telah kita tetapkan 5 (lima) Tahun Kerja.

Saumlaki, Bertempat di Gedung Kesenian Saumlaki, Selasa 18 Februari 2020 Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, SH, MH membuka dengan resmi Rapat Koordinasi Teknis Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Hadir pada acara pembukaan, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Setda KKT, Sejumlah Pimpinan SKPD dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Rapat Koordinasi diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa KKT dan diikuti oleh Para Camat, Para Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa dan Ketua BPD se-Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Pada kesempatan itu Bupati mengajak para peserta rapat untuk menyamakan persepsi dalam rangka menyusun Rencana Prioritas Program Kerja Desa, Kecamatan dan Kabupaten. Ini semua perlu disinergikan dan harus tetap berpedoman pada RPJMD Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang telah kita tetapkan 5 (lima) Tahun Kerja. Melalui Rapat Koordinasi Teknis ini kita semua bersepakat untuk nantinya agar dapat melaksanakan, merealisasikan anggaran Dana Desa tepat waktunya dan pelaksanaan tepat peruntukkannya. Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa semua unsurn Pemerintah Desa harus bersatu padu bersama-sama melakukan pelayanan yang prima pada masyarakat. Jumlah anggaran Dana Desa pada Tahun 2019 sebesar Rp. 141,9 milyar sementara untuk Tahun 2020 sebesar 147,4 milyar. Peningkatan Dana Desa adalah adalah untuk mempercepat proses pembangunan dan pada Tahun Anggaran 2020 agar semua tingkat dapat menyusun perencanaan yang baik.

Selesai sambutan yang disampaikan oleh Bapak Bupati dilanjutkan dengan pemberian Bantuan Stimulus Perumahan Swadaya yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 174 Unit dan dialokasikan ke beberapa desa antara lain Desa Eliasa, Desa Werain, Desa Tumbur, Desa Atubul Da, Desa Atubul Dol, Desa Arui Bab dan Desa Meyano Bab sementara yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) sebanyak 28 Unit dialokasikan ke Desa Adaut. Bantuan secara simbolis diserahkan Bupati kepada para Kepala Desa penerima bantuan.

Setelah acara pembukaan Rapat Koordinasi Teknis dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar Ibu Joice Fatlolon/Pentury kepada para peserta Rapat Koordinasi Teknis dan materi yang diberikan terkait dengan dana operasional bagi TP. PKK Desa.


Share post ini: