DAMPAK KEBAKARAN KANTOR TELKOM AMBON, JARINGAN TELKOMSEL KOTA SAUMLAKI LUMPUH TOTAL


Menyusul terbakarnya Gedung Telkom Ambon, sebagian besar wilayah di provinsi Maluku mengalami gangguan jaringan telekomunikasi terutama yang menggunakan jasa Telkom Ambon. Saumlaki Ibukota Kabupaten Kepulauan Tanimbar (Maluku Tenggara Barat) merupakan salah satu daerah yang mengalami dampak gangguan jaringan telepon selular. Sejak pukul 10.30 WIT seluruh wilayah di kota Saumlaki dan sekitarnya yang masuk dalam area pelayanan telkomsel mengalami mati total.

Saumlaki, Menyusul terbakarnya Gedung Telkom Ambon, sebagian besar wilayah di provinsi Maluku mengalami gangguan jaringan telekomunikasi terutama yang menggunakan jasa Telkom Ambon. Saumlaki Ibukota Kabupaten Kepulauan Tanimbar (Maluku Tenggara Barat) merupakan salah satu daerah yang mengalami dampak gangguan jaringan telepon selular. Sejak pukul 10.30 WIT seluruh wilayah di kota Saumlaki dan sekitarnya yang masuk dalam area pelayanan telkomsel mengalami mati total.

Hal tersebut dibenarkan oleh teknis Telkomsel area Saumlaki, Dady Hulkiawar ketika dikonfirmasi di area BSC Telkomsel, Kompleks TVRI Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (Maluku Tenggara Barat), Selasa (5/2/2019) malam. “Ada gangguan di Ambon, di servernya, router bermasalah, ketika telepon menggunakan telepon satelit, infonya di sana ada kebakaran. Jadi semua server dimatikan guna melindungi perangkat.” Kata Hulkiawar.

Lanjut Hulkiawar, “hampir seluruh wilayah di provinsi Maluku mengalami gangguan tersebut seperti, Tual, Dobo, Moa, Larat, semunya mati. Hal itu disebabkan oleh seluruh instalasi jaringan terkonsentrasi di Telkom Ambon.” Menyinggung tentang langkah-langkah antisipatif yang dilakukan oleh pihak BSC Telkom Saumlaki Hulkiawar mengatakan, tim teknis sedang melakukan proses pemindahan pemancar, yang biasanya dari Ambon sedang dialihkan ke Makassar. Sehingga nantinya pelayanan telkomsel di kota Saumlaki dan sekitarnya sementara menggunakan server yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kami memastikan dalam beberapa waktu ke depan jaringan telekomunikasi yang menggunakan jasa telkomsel akan segera membaik, karena tim teknis sedang berusaha sekuat tenaga untuk melakukan pengalihan server dari Ambon ke Makassar.” Kata pria asal desa Lingat, Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar dengan optimis.

Sebagaimana dilansir oleh media online TERASMALUKU.COM bahwa terlah terjadi kebakaran di Gedung Telkom Ambon Jl. Pattimura Kota Ambon, Selasa (5/2/2019) sekitar pukul 09.30 WIT. Kebakaran ini terjadi di bagian belakang yang merupakan ruang cadangan dan menjadi server Telkomsel.

Akibat kebakaran tersebut, seluruh aktivitas yang menggunakan jasa Telkom seperti Telkomsel, IndiHome, transaksi via ATM, usaha berbasis online lainnya, gojek, grab di wilayah Kota Ambon dan sekitarnya lumpuh total. Sampai dengan berita ini diterbitkan seluruh jaringan telkomsel area Saumlaki dan sekitarnya masih juga mengalami hal yang sama seperti di Kota Ambon. Warga Saumlaki dihambau agar tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang menyesatkan. Sebaliknya dapat memanfaatkan jasa telekomunikasi lainnya seperti Indosaat untuk komunikasi selular.


Share post ini: