DANDIM 1507/SAUMLAKI TINJAU LOKASI TMMD DI 3 DESA


Peninjauan Langsung lokasi Pembangunan Rumah Sangat Sederhana yang sementara di bangun oleh Anggota TNI - POLRI dan Masyarakat dalam Rangka TMMD 101 Tahun 2018 Oleh DANDIM 1507/Saumlaki Letkol Inf. Ryan Heryawan (tengah) didampingi Pasie Intel KODIM 1507/Saumlaki Kapten Tom Yones Daniel (Kanan) dan melibatkan Tim Humas Diskominfo dan para awak media cetak maupun online di Desa Batuputih Kec. Wermaktian Kab. MTB 11/04

Saumlaki,Dandim 1507 Saumlaki Letkol Inf. Ryan Heryawan didampingi Pasi Intel Kodim 1507 Saumlaki Kapten Tom Yones Daniel Selasa, 11 April kemarin meninjau lokasi kegiatan TMMD Ke-101 di Desa Batu Putih, Wermatang dan Marantutul Kecamatan Wermaktian melibatkan sejumlah awak media dan Humas Kominfo di Saumlaki Maluku Tenggara Barat.

Peninjauan tersebut dimaksudkan untuk melihat secara langsung sejauhmana perkembangan sasaran TMMD di Desa Marantutul, Batu Putih dan Wermatang Kecamatan Wermaktian.

Usai peninjauan, kepada awak media (11/04) Dandim 1507 Saumlaki Letkol Inf. Ryan Heryawan mengatakan, proses pekerjaan TMMD yang telah dilaksanakan sejak Tanggal 4 April kemarin itu, sudah rampung 25% - 100% dan diharapkan hingga tanggal 3Mei nanti semua kegiatan sudah rampung. Dimana rabat jalan sepanjang 200 meter sudah 100%, pekerjaan talut 75%, pekerjaan lain seperti Pustu dan Rumah Layak Huni 10 Unit dan perumahan dinas Pustu 3 unit, rata-rata mencapai 25% rampung. “Dengan adanya TMMD 2018 ini diharapkan akan menjadi contoh/pilot project atau jalan keluar bagi pemerintah daerah untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara Barat” Rincinya.

Sementara Anggaran untuk TMMD tahun ini bersumber dari APBD 2018 Kabupaten Maluku Tenggara Barat sebesar 1 milyar rupiah. Pantauan awak media di Desa Batu putih, dalam satu rumah masih dihuni oleh 3 hingga 4 kepala keluarga, kondisi ini akan berpengaruh bagi kesejahteran serta kesehatan masyarakat tersebut oleh karen itu membutuhkan perhatian serius Pemerintah daerah.

Usai pelaksanaan TTMD di 3 desa tersebut akan dilanjutkan dengan Bakti Sosial (baksos) pengobatan massal yang direncanakan tanggal, 14 Mei 2018 di Pulau Selaru. “kami akan melaksanakan Bakti Sosial (Baksos), pengobatan massal pada tanggal, 14 - 15 Mei 2018 di Desa Lingat Pulau Selaru, dengan sejumlah pemberian bantuan seperti kursi roda, kaca mata, operasi katarak, bedah ringan, dan pengobatan penyakit oleh dokter spesialis lainnya," ungkapnya.

Kegiatan Bahkti sosial tersebut akan dilaksanakan pengobatan umum bagi 3.000 orang, pengobatan gigi bagi 200 orang dan operasi katarak bagi 200 orang, operasi bedah minor bagi 500 orang, pemberian kaca mata untk 1.000 orang, alat bantu pendengaran untuk 150 orang serta kursi roda bagi 30 orang.

Menurutnya, Pelaksananaan Bhakti Sosial yang akan dilaksanakan di pulau selaru itu bersamaan dengan latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI yang dipusatkan di pulau Selaru.

Sementara itu Sekretaris Desa Wermatang, Adrian Melantun Huninkore menyampaikan terima kasih kepada Pemkab MTB dan TNI AD yang telah membantu membangun talud penahan ombak dan satu bangunan rumah dinas guna peningkatkan pelayanan kesehatan di desa tersebut, “kalau talud ini tidak dibangun maka rumah warga yang ada di sini bisa rusak karena abrasi. Selain itu pembangunan rumah dinas ini sangat penting karena selama ini ruang Pustu tidak bisa menampung pasien yang berobat. Masyarakat akhirnya harus dirujuk ke Saumlaki atau ke Puskesmas Seira karena ruangan pengobatan sudah ditempati oleh dua petugas Pustu bersama keluarganya,” tandasnya.

©diskominfo-mtb


Share post ini: