DETIK-DETIK PROKLAMASI 2018


Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 73 tahun 2018 di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) yang di laksanakan di Lapangan Upacara Mandriak - Saumlaki 17/8

Saumlaki, (Diskominfo) - Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 73 tahun 2018 di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), berlangsung hikmat. Bertindak selaku Inspektir Upacara (Irup) Bupati Maluku Tenggara Barat, Petrus Fatlolon dan Komandan Upacara Letnan Dua Infantri I Gusti. Upacara berlangsung di Lapangan Mandriak, Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Jumat (17/8/2018).

Upacara dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kapolres MTB, Komandan Kodim 1507 Saumlaki, Komandan Satuan Radar Saumlaki, Komandan TNI AU, pimpinan DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri Saumlaki, Ketua Pengadilan Negeri Saumlaki, Ketua MUI MTB serta Pimpinan Satuan Perangkat Daerah (SKPD).

Upacara diawali dengan penyerahan Duplikat Bendera Pusaka oleh anggota Polisi Militer dan diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Piterson Rangkoratat, Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD MTB, Frengky Limber. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri dari siswa-siswi perwakilan SMA/SMK atau sederajat dan didampingi anggota TNI/Polri, berhasil mengibarkan Bendera Merah Putih dengan baik.

Usai dilaksanakan Peringatan detik-detik Proklamasi dilanjutkan penyerahan penghargaan Satya Lancana Karya Satya Kepada 55 Aaparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemda Maluku Tenggara Barat yang telah mengabdi selama 30 tahun sebanyak 15 orang, 20 tahun 15 orang dan 10 tahun sebanyak 25 orang, serta pemberian remisi bagi 78 Narapidana. Bupati Maluku Tenggara Barat, Petrus Fatlolon menyampaikan selamat memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan berharapan, melalui semangat Proklamasi dapat mendorong peningkatan pembangunan dalam berbagai aspek dan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan NKRI.

Upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Ke-73, diakhiri dengan foto bersama Bupati Fatlolon dan Forkopimda, dan selanjutnya barisan anggota TNI-AD, bersorak-sorak mengucapkan yel-yel Kemerdekaan Republik Indonesia, sambil mengusung Bupati dan Komandan Kodim 1507 Saumlaki, Letkol Inf. Rahmad Saerodim S.IP, di tengah lapangan Upacara Mandriak Sifnana, Saumlaki, Maluku Tenggara Barat. Bupati dan peserta upacara menuju pelabuhan Saumlaki untuk melakukan tabur bunga mengenang jasa para pahlawan sebagai kusuma bangsa yang gugur membelah dan mempertahankan ibu pertiwi.

©diskominfo-mtb


Share post ini: