Dinas DP3AP2KB Deklarasi Kabupaten Layak Anak


Bupati Kepulauan Tanimbar - Petrus Fatlolon : “Program yang sangat positif dalam membantu pemerintah daerah, dalam berbagai program yang saya nilai cukup baik dan bermanfaat bagi masyarakat.”

Saumlaki, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindunga Anak, Pengedalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) menggelar kegiatan Deklarasi Kabupaten Layak Anak sekaligus untuk memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2019. Kegiatan tersebut turut melibatkan beberapa elemen masyarakat dan satuan kerja perangkat daerah di Tanimbar.

Kegiatan yang bertujuan menghindari kekerasan terhadap perempuan dan anak di kabupaten yang berjuluk duan-lolat tersebut mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari berbagai elemen masyarakat yang hadir.

Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon dalam jumpa pers setelah kegiatan tersebut memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas P3AP2KB dan Gerakan Membangun (GEMA) Tanimbar.

“Program yang sangat positif dalam membantu pemerintah daerah, dalam berbagai program yang saya nilai cukup baik dan bermanfaat bagi masyarakat.” Ujar Fatlolon di Taman Kota Saumlaki, Jumat (26/7/2019).

Fatlolon menekankan bahwa sesungguhnya hal ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Sebagaimana diketahui bahwa di Tanimbar masih banyak terjadi kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan tidak bisa toleransi.

“Kekerasan terhadap perempuan dan anak ini harus kita berantas, harus kita cegah, harus kita tolak, harus kita jauhkan dari seluruh kehidupan kita.” Lanjutnya

Pria asal desa Meyano Kecamatan Kormomolin tersebut memastikan, gerakan menolak kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan sebuah gerakan yang mulia, karena masa depan generasi kita sesungguhnya terletak pada kaum perempuan dan anak.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan Anak Dinas P3AP2KB, Lorina Slarwamin yang juga Pejabat Pengelola Teknis Kegiaan (PPTK) kegiatan ketika dikonfirmasi mengatakan, rangkaian kegiatan Deklarasi Kabupaten Layan Anak dimulai memiliki rangakian kegiatan yang cukup panjang, diawali dengan kegiatan Diskusi Tematik Tentang Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak.

Selain itu, kegiatan kampanye anti kekerasan terhadap perempuan dan anak, Sosialisasi Ramah Anak di sekolah mulai jenjang Pendidikan Anak Usia Dini sampai dengan SMA, Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Dini, dan Kegiatan Lomba-lomba yang bertujuan memupuk rasa percaya diri anak sejak ini.

“Puncaknya nanti pada tanggal, 28-29 Agustus 2019, dengan menghadirkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, beserta seluruh deputi.” Kata Rin Slarwamin di Saumlaki, Selasa (30/7/2019).

Lanjutnya, “Semalam saya sudah konfirmasi dengan Protokoler Kementerian dan dipastikan Ibu Menteri akan menghadiri puncak kegiatan tersebut.” Ujarnya penuh semangat.


Share post ini: