DINAS KOMINFO MTB GELAR RAPAT KERJA TAHUN ANGGARAN 2018


Kegiatan Rapat Kerja Bidang Kominfo tersebut membahas tentang Aplikasi yang digunakan oleh beberapa Satuan Perangkat Kerja Daerah, yang berkesempatan hadir selaku Penyaji Materi yaitu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PM-PTSP), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinas Dukcapil), dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Arsip Daerah (BPKAD).

Saumlaki, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Maluku Tenggara Barat menggelar Rapat Kerja Bidang Kominfo pada awal Tahun Anggaran 2018, bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah, Rabu (28/03) dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat – Bapak Piterson Rangkoratat, SH serta dihadiri oleh Assisten I Bidang Pemerintahan Setda MTB – Johanis Batseran, S.Sos., Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kab. MTB – Drs. J. Huwae, S.STP., Inspektur Daerah Kabupaten MTB – D.C. M. Makatita, S.STP., Staf Ahli Bupati – Drs. A. H. Lokra, Kepala Bagian Organisasi – Drs. R. B. Moriolkosu, M.M., Kepala Bagian Perekonomian Kesejahteraan Rakyat dan Sosial Budaya – P. A. Sabono, AP.

Dalam arahannya, Sekretaris Daerah mengatakan “Rapat Kerja yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Maluku Tenggara Barat diakui sangat penting, karena itu diharapkan agar Rapat Kerja tersebut sebagai forum diskusi dan sarana untuk memastikan semua program kerja Bidang Kominfo yang akan dilaksanakan pada Tahun 2018 sesuai mekanisme dan perundang-undangan yang berlaku”.

Menurut Beliau “Tugas Pokok dan Fungsi Kominfo di era saat ini sangat penting untuk mendukung penyelenggaraan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan. Di sisi lain, peran Kominfo adalah merupakan kepanjangan tangan dari Pimpinan Daerah dalam mengarahkan berbagai informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan itu sendiri untuk diketahui dan dikonsumsi publik. Oleh karena itu, Rapat Kerja yang dilaksanakan ini harus menghasilkan produk dan kesepakatan yang baik dan terukur, terutama untuk menjadi landasan formal bagi pelaksanaan program dan kegiatan yang telah ditetapkan pada APBD Tahun 2018”.

Bapak Sekda mengharapkan agar melalui Raker ini, isu aktual terkait tugas Kominfo di Kabupaten Maluku Tenggara Barat mesti menjadi bagian terpenting untuk dibahas dan didiskusikan secara bersama di dalam forum Raker, agar sesuai harapan bersama.

Kegiatan Rapat Kerja Bidang Kominfo tersebut membahas tentang Aplikasi yang digunakan oleh beberapa Satuan Perangkat Kerja Daerah, yang berkesempatan hadir selaku Penyaji Materi yaitu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PM-PTSP), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinas Dukcapil), dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Arsip Daerah (BPKAD).

HARAPAN DARI PELAKSANAAN RAPAT KERJA DINAS KOMINFO

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Bapak Agustinus J. Songupnuan, ST. mengungkapkan bahwa “Rapat Kerja yang baru pertama kali digelar ini merupakan proses pembelajaran bagi seluruh bawahannya, agar lebih mempersiapkan diri menghadapi forum Rapat Kerja yang lebih besar di tahun depan dan selanjutnya.”

“Memang pada tahap awal ini, ada beberapa hal yang diabaikan pada saat seremonial tadi. Namun isi dan makna Rapat Kerja tersebut tetap dipertahankan. Ke depan perlu perencanaan yang lebih matang dan persiapan diri seluruh staf dan pejabat Dinas Komunikasi dan Informatika sehingga pelaksaaan Rapat Kerja Bidang Kominfo lebih berkualitas dan berbobot.”, ungkap Bapak Kadis Kominfo.

Di akhir kegiatan Rapat Kerja Bidang Kominfo tersebut, Bapak Kadis Kominfo memberikan kesempatan kepada para pejabat Eselon IV untuk mempresentasikan Kegiatan yang telah ditetapkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat Tahun Anggaran 2018.

Kepala Dinas Kominfo menyatakan bahwa “Ini merupakan kesempatan bagi seluruh staf dan pejabat untuk saling mengenal kemampuan dan kekurangan masing-masing pada saat mempresentasikan materi, walaupun penampilan mereka apa adanya pada kali pertama ini.” Beliau berharap para pejabat Eselon IV dapat belajar menguasai forum dari ke enam penyaji materi yang tadi diundang. “Di tahun depan, Dinas Kominfo akan menggagas berbagai program dan kegiatan yang lebih besar, seperti Forum SKPD se-Maluku di Saumlaki, yang akan mendatangkan banyak keuntungan bagi Kabupaten Maluku Tenggara Barat”, tambah Bapak Kadis.

Menanggapi penilaian dari beberapa pihak yang menyatakan bahwa Dinas Kominfo perlu diacungkan jempol karena merupakan SKPD awal yang melaksanakan Rapat Kerja di Lingkup Pemkab MTB Tahun Anggaran 2018, Bapak Kadis mengungkapkan bahwa “Menurut saya ini bukanlah yang pertama, karena mungkin ada SKPD lain yang melaksanakan hal serupa. Tetapi ini merupakan pertama bagi Dinas Kominfo. Dan setelah Rapat Kerja, ini merupakan titik awal (titik start) bagi Dinas Kominfo untuk mulai bekerja secara resmi, tidak santai lagi, memasang target dan jadwal kerja yang tepat, sehingga seluruh pekerjaan akan selesai pada Bulan Nopember sedangkan di bulan Desember hanyalah pembuatan laporan. Dan di bulan Januari 2019, kita akan mulai dengan pekerjaan yang baru. Itulah target saya.”

Di sela-sela pembukaan Rapat Kerja tersebut, dilakukan pemberkatan Ruang Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang bertempat di lantai 4 Kantor Bupati MTB oleh Pastor Dedi Fatlolon. Pr, sebagai pelaksanaan awal kerja di Tahun 2018.

©diskominfo-mtb


Share post ini: