DINAS KOPERASI GELAR PELATIHAN MANAJEMEN PENGELOLAAN KOPERASI


ASSISTEN BIDANG PEMBANGUNAN, EKONOMI KEMASYARAKATAN SETDA KAB. MTB - dr. E. TOMASOA DIDAMPINGI KEPALA DINAS KOPERASI UKM DAN TRANSMIGRASI KAB. MTB - M. RAHANDEKUT SAAT MEMBUKA KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PENGELOLAAN KOPERASI / KUD DAN KEGIATAN PENINGKATAN KEMITRAAN USAHA BAGI UMKM DAN KOPERASI DI KAB. MTB, DI AULA SMK IMACULATA JL. MAKARI SAUMLAKI, 18/07

Saumlaki, (Diskominfo). Dinas Koperasi, UKM dan Transmigrasi Kabupaten Maluku Tenggara Barat  gelar kegiatan pelatihan manajeman pengelolaan Koperasi/ KUD serta Peningkatan Kemitraan usaha bagi UMKM dan Koperasi di buka Asisten II Bidang pembangunan Ekonomi Kemasyarakatan Setda mewakili Bupati Maluku Tenggara Barat  (18/7/2018) di Aula SMK Imakulata Saumlaki.

Koperasi merupakan salah satu lembaga ekonomi yang dapat menggerakan demokrasi ekonomi , kita harapkan melalui koperasi yang mengutamakan kepentingan bersama, dapat meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.  ”untuk itu koperasi harus mampu berperan sebagai penyeimbang dalam kegiatan ekonomi rakyat dengan meningkatnya kualitas kehidupan berkoperasi, dan sebagai penyeimbang kekuatan ekonomi koperasi,  berperan mendorong  munculnya ekonomi biaya rendah, dengan cara menjalin kerjasama antara koperasi yang saling menguntungkan untuk memacu peningkatkan usaha ekonomi anggotanya. Membangun sistem manajemen yang baik serta memperhatikan setiap perubahan yang terjadi disekitarnya, sehingga mampu menghadapi persaingan semakin ketat, terutama yang datang dari kekuatan usaha yang lebih besar, dan mendominasi pasar dan harga, ” kata Bupati.

Dikatakan,Peran koperasi dan UMKM sebagai pelaku utama ekonomi nasional sangat dirasakan dengan begitu banyak menyerap tenaga kerja.” dari peran inilah Kopreasi dan UMKM tidak dapat melepaskan diri dari berbagai kecenderungan persoalan ekonomi, pengembangan usaha, ” kata Bupati. Sejalan dengan itu, maka untuk memberdayakan koperasi dan UMKM, hendaknya perlu dibekali dengan berbagai kegiatan yang sifatnya menumbuhkan semangat entrepreneur jiwa berwirausaha.

Sementara itu ketua Panitia kegiatan Anwar tempone dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah memberikan pengetahuan dan kemampuan manajerial pengelolaan usaha bagi para pengelola koperasi/ KUD. Meningkatkan pemahaman pengurus tentang prinsip-prinsip koperasi dan untuk mampu meningkatkan kemampuan usaha koperasi dan UMKM secara profesional.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, terhitung mulai dari tanggal 18 -20 Juli 2018 melibatkan 3 peserta dari 9 kecamatan yang dibagi dalam dua kegiatan yakni kegiatan Diklat manajemen Pengelolaan  Koperasi/KUD dan Kegiataan peningkatan kemitraan usaha bagi UMKM dan Koperasi yang melibatkan 60 peserta dari 7 kecamatan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Narasumber pada dua kegiatan tersebut berasal dari UPTD Balai Diklat Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku : Augsteintje  Sahertian, SE. M.Si.  Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Transmigrasi Kabupaten MTB : Mesakh Rahandekut, S.Pd. M.Si.  Bank Rakyar cabang Saumlaki dan CU hati Amboina Cabang Saumlaki.

Materi kegiatan antara lain, Pre Test, Orientasi dan Dinamika kelompok, Jati diri dan idelogi koperasi, Organisasi dan Manjamen koperasi, Usaha Koperasi dan Permasalahan, Pengawasan  koperasi, Pos Test dan evaluasi, manajemen Usaha, Manajemen pengelolaan keuangan dan kebijkan Pemerintah daerah (dinas Koperasi, UKM dan Transmigrasi dalam mendukung kemitraan. 

©diskominfo-mtb


Share post ini: