Dinas P3AP2KB Selenggarakan Pelatihan PPKBD


Kepala Dinas P3AP2KB KKT - Selpi Elsina Hukubun,S.Sos : “Pada hakekatnya, pelatihan PPKBD dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku positif masyarakat terhadap kehidupan berkeluarga.”

Saumlaki, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Pembina Pembantu Keluarga Berencana Desa (PPKBD), melalui kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) KKT.

Pelatihan PPKBD ini terkait dengan pengembangan kegiatan prioritas pembangunan bidang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang esensinya adalah meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia sesuai dengan agenda prioritas ke-5 Nawa Cita Presiden Joko Widodo.

“Pada hakekatnya, pelatihan PPKBD dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku positif masyarakat terhadap kehidupan berkeluarga.” Kata Kepala Dinas P3AP2KB KKT, Selpi Elsina Hukubun,S.Sos di Saumlaki, Kabupate Kepulauan Tanimbar, Senin (24/6/2019).

Selain itu, pelatihan tersebut diarahkan agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan keluarga, dengan memperhatikan kelompok usia penduduk berdasarkan siklus hidup, yaitu mulai dari janin dalam kandungan, sampai dengan usia lanjut, serta terlaksananya mekanisme operasional program KB di tingkat desa/kelurahan.

“Dalam kesempatan ini, saya mengharapkan pelatihan PPKBD ini harus dapat dijadikan kesempatan emas untuk menimba ilmu dan pengetahuan, sehingga dalam pelaksanaan program di lapangan para fasilitator KB desa/kelurahan mampu memberikan pelayanan kie/konseling KB dan kesehatan reproduksi yang berkualitas.” Ujar Hukubun.

Selian itu, juga diharapakan dapat berkontribusi dalam upaya menurunkan kelahiran, Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kelahiran Bayi (AKB), dapat membina para kader kelompok kegiatan (Poktan), membina keluarga yang tergabung dalam Poktan, membina Pasangan Usia Subur (PUS) dan membina Pra PUS (generasi muda/remaja).

“Mari bersama-sama kita bekerja keras dan bergotong royong untuk membangun kampung KB.” Ungkapnya.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Keluarga Berencana (KB) pada Dinas P3AP2KB, Maryana Sabono, maksud dilaksanakan kegiatan pelatihan PPKBD ini untuk menyediakan data dan informasi terkait kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga berdasarkan pendataan keluarga tahun 2018.

“Kegiatan pelatihan PPKBD dilaksanakan selama 2 hari terhitung tanggal, 24-25 Juni 2019 bertempat di Aula SMP Negeri 1 Tanimbar Selatan.” Ujar Mery sapaan akrab wanita yang dikenal dekat dengan para akseptor dan pembina pambantu KB.

Kegiatan pelatihan yang melibatkan tenaga PPKBD tersebut, dihadiri oleh 20 orang peserta dari 10 Kecamatan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dengan menghadirkan Narasumber dari Kantor Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Maluku antara lain Kepala Bidang KB/KR Mardiman dan Kepala Seksi Data dan Informasi, Sara Hitipeuw dan Narasumber dari Dinas P3AP2KB KKT.


Share post ini: