DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KAB. MTB GELAR SOSIALISASI SEKOLAH RAMAH ANAK DAN PUSKESMAS RAMAH ANAK


SAMBUTAN SEKRETARIS DAERAH KAB. MALUKU TENGGARA BARAT : PITERSON RANGKORATAT, SH DALAM ACARA SOSIALISASI SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) DAN PUSKESMAS RAMAH ANAK (PRA) YANG TELAH BERLANGSUNG DI GEDUNG KESENIAN SAUMLAKI. 19/04

Saumlaki,Dinas Pemberdayaan Perempuan, perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Maluku Tenggara Barat gelar Sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) dan Puskesmas Ramah Anak (PRA) dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Menghadirkan Narasumber Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Bidang Deputi Tumbuh Kembang Anak Syahnes Almudi. S.Sos, Fasilitator Kementrian PPPA, Bagus Dibyo Sumantri, melibatkan Dinas terkait yaitu Dinas Pendidikan, Puskesmas, Pustu dan Dinas Kependudukan dan catatan Sipil dan Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Unsur Pendidikan seperti, Kepala Sekolah guru dan Komite Sekolah berlangsung di gedung Kesenian (19/4).

Sambutan tertulis Bupati yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat Piterson Rangkoratat mengatakan, Tujuan Pembangunan Nasional dan cita-cita Bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 tidak mungkin dapat tercapai tanpa dukungan seluruh pemangku kepentingan. Jika bangsa Indonesia ingin maju dan disejajarkan dengan bangsa lain, maka pembangunan harus dilakukan di segala bidang dengan menitikberatkan pada pembangunan Indonesia seutuhnya.

Bupati Mengatakan, salah satu Program pemerintah pusat yang sedang digalakan melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak Republik Indonesia adalah terbentuknya Kabupaten Layak Anak (KLA) bagi seluruh Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia termasuk didalamnya Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang masih berada pada tahap awal yaitu tahap inisiasi menuju Kebupaten Layak Anak sehingga perlu dilakukan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak dan Puskesmas Ramah Anak sebagai salah satu indikator yang harus dipenuhi guna terbentuknya Kabupaten Layak Anak (KLA).

“Sekolah Ramah Anak dan Puskemas Ramah Anak merupakan Kebijakan dan program nasional yang digalakan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak yang bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh anak di Indonesia dalam hal tumbuh kembang melalui pelayanan dasar di bidang pendidikan dan kesehatan.” Ungkap Bupati.

Dikatakan, Salah satu permasalahan yang sering dihadapi terkait dengan pelaksanaan Sekolah Ramah Anak (SRA) dan Puskesmas Ramah Anak (PRA) adalah kurangnya pemahaman akan pentingnya program tersebut serta belum tersediannya fasilitas pendukung guna terlaksananya Sekolah maupun Puskesmas Ramah Anak di Kabupaten Maluku Tenggara Barat. “ saya mengucapkan selamat mengikuti Sosialisasi dengan dengan penuh kesungguhan dan disiplin, sehingga ilmu pengetahuan dan keterampilan yang saudara-saudari peroleh dapat diaplikasikan dalam tugas dan tanggung jawab dan bermanfaat bagi anak-anak khususnya di Bumi duan Lolat yang kita cintai. “ pungkasnya.

Selanjutnya Kata Bupati, Anak merupakan Anugerah Tuhan yang harus kita jaga dan rawat serta merupakan tanggung jawab orang tua dan para guru untuk membekali mereka dengan ilmu dan pendidikan yang berkualitas dan pemenuhan hak anak atas pelayanan kesehatan sehingga anak dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Kabupaten Maluku Tenggara Barat 5 (lima) tahun kedepan yaitu sehat cerdas berwibawa dan mandiri.

©diskominfo-mtb


Share post ini: