Dinas Perikanan Bantu Pasarkan Hasil Tangkap Nelayan


Kepala Dinas Perikanan - Venansius Batlayeri : “Kita telah melaksanakan kegiatan  yang di dalamnya ada sub kegiatan pengadaan stok ikan, sesuai kebutuhan pasar di musim paceklik sudah kita jalankan. Rupanya tahun ini volume stok di pasar bertambah besar, itulah yang kita upayakan selain memenuhi kebutuhan konsumsi di pasar. Kita jadikan ini sebagai salah satu objek PAD”.

Saumlaki, Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Tanimbar menggerakan seluruh nelayan yang berdomilisi di sejumlah kecamatan terdekat Ibukota Kabupaten Kepulauan Tanimbar, untuk meningkatkan volume penangkapan ikan pada musim tertentu karena pasokan ikan di pasar belum menjawab kebutuhan permintaan pasar.

“Kita telah melaksanakan kegiatan  yang di dalamnya ada sub kegiatan pengadaan stok ikan, sesuai kebutuhan pasar di musim paceklik sudah kita jalankan. Rupanya tahun ini volume stok di pasar bertambah besar, itulah yang kita upayakan selain memenuhi kebutuhan konsumsi di pasar. Kita jadikan ini sebagai salah satu objek PAD”. Ujar Kadis Perikanan KKT, Venansius Batlayeri di Saumlaki, Selasa (02/07/19).

Dinas Perikanan terus berupaya membantu para nelayan yang mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil tangkapan mereka. Dengan mengupayakan untuk membeli ikan dari nelayan, kemudian dijual untuk kebutuhan masyarakat di pasar.

“Mereka sangat berterimah kasih karena memang ada pembeli yang sebenarnya sangat subtansi dalam peningkatan usaha mereka sudah dapat ditanggulangi.” Lanjutnya.

Pasokan ikan yang dijual oleh berasal dari 5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar yakni, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kormomolin, Wermaktian, Kormomolin, Nirunmas dan Tanimbar Utara.

Selanjutnya kerjasama yang telah dibangun pada 5 Kecamatan itu tergantung permintaan sesuai dengan kebutuhan desa, baik melalui kontak person nelayan dan komunikasi dengan para camat.

Pada prinsip pemerintah dalam hal ini dinas perikanan, hanya berusaha memenuhi kebutuhan secara insidentil. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas nelayan, untuk memenuhi kebutuhan secara ekonomi dan finansial maka secara absolut dinas perikasnan telah membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Penjualan ikan saat ini merupakan tahun kedua yang telah berlangsung sejak tahun 2017. Selanjutnya, target penjualan untuk meningkatkan PAD pada semester ini, karena musim paceklik baru berjalan saat ini. Secara periodik ada beberapa minggu stoknya kosong sama sekali.

“Untuk PAD di tahun ini kita targetkan 500 juta, sedangkan sampai setengah semester ini kita baru capai 45 juta.” Tandas Ven sapaan akrab pria kelahiran Desa Meyano Kecamatan Kormomolin tersebut.

Sesuai arahan Bupati Kepulauan Tanimbar, bagaiman kita menggerakan masyarakat nelayan secara dinamis terkait dengan program one flits one produk termasuk dalam beberapa pola yang saling terkait untuk meningkatkan usaha perikanan secara keseluruhan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, tegas Batlayery


Share post ini: