Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Gelar Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar


Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan - Yuliana Ongirwalu : “Lomba cerita di hari ini merupakan salah satu upaya mengembangkan dan membudayakan kegemaran membaca anak-anak, dengan tujuan menumbuhkembangkan minat dan kegemaran anak-anak sekolah dalam hal membaca sejak usia dini.”

Saumlaki, Pemerintah daerah mengapresiasi kinerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) atas pelaksanaan Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar karena dianggap sejalan dengan visi/misi pimpinan daerah saat ini, salah satu diantaranya yaitu mewujudkan masyarakat Tanimbar yang cerdas.

“Lomba cerita di hari ini merupakan salah satu upaya mengembangkan dan membudayakan kegemaran membaca anak-anak, dengan tujuan menumbuhkembangkan minat dan kegemaran anak-anak sekolah dalam hal membaca sejak usia dini.” Ujar Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Yuliana Ongirwalu mewakili Bupati KKT di Aula Perpustakaan Saumlaki, Selasa (28/5/2019).

Menurut Ongirwalu, pelaksanaan lomba ini akan dilaksanakan berkelanjutan ke tingkat provinsi yang direncanakan insya Allah pada bulan Juli 2019, dan ke tingkat nasional di Jakarta pada bulan Agustus 2019.

Diharapkan para guru dan orang tua siswa yang mendampingi anak-anak mengikuti lomba tingkat kabupaten, agar tetap memberikan perhatian kepada siswa berprestasi, sehingga mereka dapat mengembangkan tujuan mereka, bukan hanya untuk mendapatkan juara, namun merupakan motivasi untuk mengejar ketertinggalan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan jajarannya diminta mengawal dengan baik para peserta yang akan mengiktui lomba di tingkat provinsi. Sehingga mereka yang dinyatakan terbaik dalam lomba tingkat kabupaten, lebih diberi perhatian dalam mengembangakan potensi diri dan mengasah kemampuan, agar dapat tampil di provinsi mewakili KKT dengan baik.

“Pengalaman membuktikan, karena tidak ada pendampingan dengan baik, anak-anak di sini bagus, tapi sampai ke propinsi, mereka mulai mundur, gugur pelan-pelan. Kata Ongirwalu.

“banyak event yang di laksanakan di tingkat kabupaten cukup bagus, tetapi setelah bergabung dengan teman-teman di propinsi mereka down, ini perlu ada pendampingan.” Lanjutnya.

Dengan demikian sangat diharapkan oleh pemerintah daerah agar kegiatan lomba bercerita tingkat kabupaten tersebut, dapat dilaksanakan dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang terbaik untuk daerah ini. Seiring dengan pencanangan gemar membaca oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, kegiatan tersebut dapat pula membuka wawasan bagi siswa untuk merubah pola pikir siswa dari kebiasaan membaca, menjadi kebutuhan mendasar.

Lomba bercerita mengusung tema sejarah dan budaya untuk menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal, dalam upaya membangun karakter, kecerdasan, dan inovasi generasi muda Indonesia khususnya di Kabupaten Keplauan Tanimbar.

Peserta berjumlah 10 orang yang merupakan hasil seleksi dari tingkat kecamatan dan tim penilai terdiri atas 3 orang juri. Pelaksanaan kegiatan lomba bercerita ini berlangsung pada tanggal, 28 Mei 2019. Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah KKT Agustinus Songupnuan berharap, kegiatan ini merupakan tonggak sejarah bagi anak-anak Tanimbar.

“Kita akan bukukan dan kalau bukunya sudah jadi kita akan sebarkan kepada mereka yang hari ini masuk dalam finalis 10 lomba bercerita di Tanimbar dan nanti anak yang juara akan kita undang khusus dalam upacara bersama bupati dan foto bersama dengan pak bupati  sebagai kenang-kenangan.” Kata Songupnuan.


Share post ini: