Djauhari Oratmangun Bersedia Fasilitasi Pengembangan SDM Pemuda Tanimbar


Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok merangkap Mongolia - Djauhari Oratmangun : “Jadi saya sangat berharap lulusan-lulusan dari sini, dari SMA di sini bisa melanjutkan sekolah tentunya dengan beasiswa ke China,”

Saumlaki, Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun sebagai salah satu putra terbaik asal Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang kini berkiprah di dunia Internasional atas kepercayaan pemerintah Indonesia, bersedia memfasilitasi pengembangan sumber daya manusia (SDM) generasi muda Tanimbar.

“Jadi saya sangat berharap lulusan-lulusan dari sini, dari SMA di sini bisa melanjutkan sekolah tentunya dengan beasiswa ke China,” kata Djauhari Oratmangun di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Senin (14/10/2019).

Menurut Oratmangun, dari sisi SDM, China (Tiongkok) setiap tahun membuka beasiswa, mahasiswa Indonesia yang ada di China sudah mendekati 15.000 orang (14.700-an).

Terkait teknis dan tata cara mendapatkan beasiswa dari pemerintah China maupun pemerintah Indonesia, Oratmangun akan meminta staf yang membidangi pendidikan untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Mengenai teknisnya nanti, kepala dinas pendidikan, nanti saya minta dihubungi oleh Atase Pendidikan saya sehingga persyaratan-persyaratan beasiswa baik dari pemerintah China maupun dari pemerintah Indonesia, bisa diketahui dan dipahami.” Katanya.

Oratmangun menjelaskan, untuk memperoleh beasiswa itu adalah sebuah kesempatan dan jika hal itu datang kepada kepada siapapun terutama anak-anak di bumi duan-lolat (Tanimbar), mestinya dimanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Nah, mumpung saya sedang di China, Pak Bupati sedang di sini, kita coba cari peluang untuk membuka kesempatan kepada putra-putri kita sehingga bisa melanjutkan sekolah di sana,” ungkap Dubes Indonesia Ke-12 untuk Tiongkok.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar juga telah membahas tentang infrastruktur bersama Oratmangun. Untuk itu, Oratmangun berharap pemerintah daerah dapat menjadwalkan waktu untuk melakukan kunjungan ke China sebagai bentuk promosi daerah berupa Perdagangan, Pariwisata dan Investasi.

“Karena saya sudah diundang Pak Bupati ke sini, saya juga mengundang Pak Bupati dan jajarannya ke China untuk melakukan promosi tourims dan investasi. (Perdagangan, Pariwisata dan Investasi) di China,” ujarnya.

Oratmangun mengatakan, kenapa China ? Karena China sekarang merupakan kekuatan ekonomi kedua dunia saat ini. Dalam konteks dengan Indonesia, China merupakan mitra/partner utama Indonesia.

“Dia (Tiongkok) salah satu investor terbesar di Indonesia dan Touris yang paling banyak datang ke Indonesia itu juga dari China.” Ungkapnya.

Selain dua hal di atas, salah satu hal menarik lainnya yang juga dibebernya adalah masalah ekonomi digital.

Menurut Djauhari, satu hal yang menarik buat anak-anak muda yaitu digital ekonomi. China adalah leading digital ekonomi dunia dengan kemajuan teknologi yang pesat.

Untuk itu Oratmangun optimis dengan kedudukan strategis kepulauan Tanimbar saat ini ditunjang dengan adanya konektivitas telekomunikasi, Tanimbar akan menjadi satu titik utama untuk pengembangan digital ekonomi.


Share post ini: