IRJEN POL. ROYKE LUMOWA: PESONA KEPULAUAN TANIMBAR, LUAR BIASA


Kunjungan kerja Kapolda Maluku bersama rombongan selama tiga hari di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (Maluku Tenggara Barat), ternyata memberikan kesan tersendiri. Kapolda mengagumi keindahan Kepulauan Tanimbar.

Saumlaki, Kunjungan kerja Kapolda Maluku bersama rombongan selama tiga hari di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (Maluku Tenggara Barat), ternyata memberikan kesan tersendiri. Kapolda mengagumi keindahan Kepulauan Tanimbar.

“melihat lebih dekat seperti apa penyambutan yang luar biasa, masyarakat yg begitu ramah, hospitality begitu luar biasa, kemakmuranpun terlihat di mana-mana.” kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa di lokasi wisata Danau Lorulung, Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Rabu (6/2/2019).

Lanjutnya, “pertaniannya, komunitas jagung yang luar biasa, perikanan tentunya sudah pasti, kehutanan dan sumber daya alam lain.” Sektor pariwisata di Kepulauan Tanimbar bukan saja memiliki pantai yang indah, ada juga wisata Danau Lorulung yang dibangun di dekat ujung landasan bandara udara Mathilda Batlayeri. Oleh pemerintah daerah, lokasi ini akan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Kepulauan Tanimbar karena waktu tempuh yang singkat dan akses transportasi darat yang lancar. Kondisi danau yang sering dihinggapi oleh burung-burung Pelikan yang bermigrasi setiap tahun dari Australia akibat perubahan iklim, menjadikan lokasi ini menjadi tampak indah dan nyaman.

“Destinasi wisata danau Lorulung, di dekat ujung landasan, saya kira ini bagus, mudah-mudahan pariwisata terus berkembang” kata Kapolda. Kapolda berharap pemerintah daerah dapat melakukan promosi melalui kegiatan-kegiatan yang lebih meriah, yang lebih maksimal sehingga masyarakat tahu bahwa ternyata Kepulauan Tanimbar memiliki pesona yang indah. Dengan melakukan kegiatan penting di sini (lokasi wisata danau Lorulung) wisatawan akan datang, mereka diundang, mereka lihat sendiri, sama seperti pameran. Karena di dalam satu kegiatan pemeran itu terdapat transaksi bisnis sangat tinggi.

Harapan Kapolda, bahwa kelestarian lingkungan mesti menjadi tanggung jawab seluruh komponen, baik pemerintah maupun masyarakat dapat saling membantu untuk menjaga kelestarian lingkungan, misalnya pelestarian penyu, penanaman pohon Torem (salah satu tanaman endemik yang berdasarkan data Kementerian Kehutanan, hanya ada di hutan kepulau Tanimbar dan hutan Amazon, Brazil, Amerika Selatan) dan pohon apa saja kita tanam biar semakin hijau, burung-burungpun berkicau datang kemari. Ditambahkannya, Kepulauan Tanimbar, bukan hanya disenangi oleh burung-burung lokal saja tetapi burung-burung Internasional juga lewat, migrasi dari Australia ke sini.

Sebagaimana diketahui, rangkaian kegiatan kunjungan Kapolda pada hari pertama, diawali dengan kunjungan ke Polres Kepulauan Tanimbar (Maluku Tenggara Barat), dilanjutkan dengan Tatap Muka dan Arahan Kapolda kepada Forkopimda, TNI/Polri dan Tokoh Masyarakat di Hotel Galaxy. Hari kedua, melakukan Tour Saumlaki – Larat menggunakan Sepeda sekaligus melakukan kegiatan pelepasan penyu di lokasi wisata pantai Mbumbul, desa Lumasebu, Kecamatan Kormomolin dan di Kota Larat, Kecamatan Tanimbar Utara. Hari ketiga, kegiatan penghijauan di lokasi wisata danau Lorulung.


Share post ini: