Kantor Bupati Direnovasi, Aktivitas Pindah Ke Kewarbotan


Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar - Piterson Rangkoratat : “Sejak tanggal 29 (Juli) hari Senin itu, kita melakukan beres-beres terakhir dan tanggal 30 itu kita resmi masuk melaksanakan tugas dan aktivitas pemerintahan di gedung kantor bupati sementara di Kewarbotan.”

Saumlaki, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) terus berbenah dan memperbaiki penampilan wajah kota Saumlaki serta mencoba meningkatkan kenyamanan dalam aktivitas pemerintahan. Beberapa proyek pekerjaan fisik telah dilaksanakan dan salah satu diantaranya adalah pekerjaan renovasi gedung kantor bupati.

Pekerjaan renovasi kantor bupati serta-merta mewajibkan seluruh kegiatan harus pindah ke kantor bupati sementara yang beralamat di kompleks Kewarbotan Jl. Christina Martha Tiahahu, Kelurahan Saumlaki.

“Sejak tanggal 29 (Juli) hari Senin itu, kita melakukan beres-beres terakhir dan tanggal 30 itu kita resmi masuk melaksanakan tugas dan aktivitas pemerintahan di gedung kantor bupati sementara di Kewarbotan.” Jelas Sekretaris Daerah, Piterson Rangkoratat di Saumlaki, Jumat (3/8/2019).

Menurut Rangkoratat, alasan mendasar pemindahan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan di Gedung Kewarbotan ini karena kantor bupati definitif saat ini sudah mulai dipersiapkan untuk melakukan renovasi.

Renovasi itu difokuskan pada lantai 2 dan 3 sehingga semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk pimpinan daerah, para staf ahli, asisten yang berkantor pada lantai 3 kantor bupati, turut dipindakan ke Kewarbotan.

“Kita juga berharap proses renovasi kantor bupati definitif di Jl. Ir. Soekarno dilaksanakan sampai akhir November 2019 sudah bisa rampung atau paling lambat di awal bulan Desember.” Kata Rangkoratat.

Sebagaimana diketahui, proses pekerjaan renovasi gedung kantor bupati akan dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama di tahun 2019, akan dilakukan renovasi pada lantai 2 dan 3, sedangkan untuk lantai 1 dan 4 diproyeksikan akan baru direnovasi pada tahun 2020 yang akan datang.

Rangkoratat berharap pasca pemindahan aktivitas perkantoran dari kantor bupati definitif ke gedung kantor bupati sementara, tidak mengganggu proses-proses pelayanan publik dan tidak mengurangi kualitas dan efektivitas pelayanan yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pemda kepada masyarakat luas.

Selain Bupati dan Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Para Asisten dan Staf Ahli, Satuan kerja yang berkantor sementara di Kewarbotan antara lain Bagian Umum, Bagian Humas, Bagian Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat, Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Bagian Organisasi dan Tatalaksana, Bagian Hukum, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik. Sedangkan Inspektorat Daerah mempergunakan Gedung Kesenian dan Badan Penanggulangan Perbatasan Daerah berkantor di Lokasi SMP Negeri 1 Tanimbar Selatan.

Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Abraham Jaolath ketika dikonfirmasi melalui telepon selular terkait paket pekerjaan renovasi gedung kantor bupati mengatakan, pekerjaan tersebut akan dilaksanakan kurang lebih 270 hari kerja oleh PT. Adhitama Marga Raya. Jaolath optimis pekerjaan tersebut akan berakhir tepat waktu.

“17 Desember akhir kontrak” Jawabnya singat melalui chating whatsapp.


Share post ini: