Kantor Pajak Saumlaki Kembali Buka Layanan Tatap Muka, dengan menjalankan Protokol Kesehatan


Layanan pajak tatap muka ini dengan menerapkan tatanan normal baru atau new normal. Hal ini juga berlaku bagi seluruh unit kerja di lingkungan Kantor Wilayah DJP Papua Maluku. Tak terkecuali KP2KP Saumlaki, yang sebenarnya sudah menjalankan masa transisi pelayanan tatap muka sejak 2 Juni 2020.

Saumlaki, 16 Juni 2020, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kembali membuka layanan langsung atau tatap muka mulai Senin (15/6/2020). Sebelumnya, layanan tatap muka ditiadakan sejak 16 Maret 2020. Layanan pajak tatap muka ini dengan menerapkan tatanan normal baru atau new normal. Hal ini juga berlaku bagi seluruh unit kerja di lingkungan Kantor Wilayah DJP Papua Maluku. Tak terkecuali KP2KP Saumlaki, yang sebenarnya sudah menjalankan masa transisi pelayanan tatap muka sejak 2 Juni 2020.

Protokol Kesehatan di Kantor Pajak

Protokol kesehatan sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak nomor SE-33/PJ/2020 tentang Panduan Umum Pelaksanaan Tugas dalam Tatanan Normal Baru di Lingkungan Direktorat Jenderal Pajak. Protokol kesehatan tersebut adalah pemasangan tabir kaca di tempat pelayanan terpadu, serta menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan bagi Wajib Pajak yang hadir.

Wajib Pajak juga akan diukur suhu badannya menggunakan thermal gun sebelum memasuki ruangan kantor pajak, diwajibkan mengenakan masker, serta akan dilakukan pembatasan jarak pada ruang tunggu.

KP2KP Saumlaki, terlihat mulai ramai kembali sejak Senin (15 Juni 2020) wajib pajak kembali menjalankan aktivitas perpajakan pada umumnya, mulai dari Pendaftaran NPWP, Pendaftaran Akun Pengusaha Kena Pajak, Pembuatan Kode Billing Pembayaran Pajak, hingga Konsultasi Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Masa dan Tahunan.

Mengarah menuju pelayanan Online

Ada yang sedikit berbeda, pada aktivitas pembukaan layanan perpajakan di Kp2KP Saumlaki kali ini, yaitu, petugas akan mencoba mengarahkan wajib pajak untuk mulai menggunakan layanan pajak secara online, sesuai dengan arahan dari Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, bahwa arahan layanan adalah dengan tahapan Click, Call and Counter, maksudnya wajib pajak akan diarahkan secara bertahap untuk mengakses layanan perpajakan melalui click situs online pajak di http://djponline.pajak.go.id dan bisa call / menelfon atau chat one on one dengan nomor whatsapp KP2KP Saumlaki di +62 813-4484-7599, namun jika wajib pajak tetap memnginginkan pelayanan tatap muka bisa dilakukan dengan tetap mendatangi counter pelayanan di KP2KP Saumlaki, hal ini bertujuan agar wajib pajak dapat mengakses layanan perpajakan dengan lebih mudah dan bisa memilih, tetap dirumah saja, atau perlu datang kekantor pajak langsung. (Press Release KP2KP Saumlaki)


Share post ini: