Kepala BAPPEDA : Musrenbang Kabupaten Tahun Ini Terpusat di Desa Teineman


Kepala BAPPEDA - Alo Batkormbawa : ”Musrenbang itu merupakan puncak dari seluruh siklus perencanaan yang dimulai dari RT/RW Kelurahan, Desa dan Kecamatan yang sudah kita laksanakan terakhir di Kecamatan Kormomolin, ada juga tahapan forum SKPD dimana kita sinkronkan antara Kebutuhan yang terjadi di Musrenbang tingkat kecamatan, kemudian dengan rencana strategi dengan pihak dinas kita sinkronkan termasuk forum SKPD tekns dan Provinsi, dan puncaknya ada di Musrenbang Kabupaten yang melibatkan berbagai kepentingan."

Saumlaki, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten tahun Anggaran 2019 terpusat di Desa Teneman Kecamatan Wuarlabobar Kabupaten Kepulauan Tanimbar berlangsung tanggal 29 Maret 2019.

 ”Musrenbang itu  merupakan puncak dari seluruh siklus perencanaan yang dimulai dari RT/RW Kelurahan, Desa dan Kecamatan yang sudah kita laksanakan terakhir di Kecamatan Kormomolin, ada juga tahapan forum SKPD dimana kita sinkronkan antara Kebutuhan yang terjadi di Musrenbang tingkat kecamatan, kemudian dengan rencana strategi dengan pihak dinas kita sinkronkan termasuk forum  SKPD tekns dan Provinsi, dan puncaknya ada di Musrenbang Kabupaten yang melibatkan berbagai kepentingan, ” jelas Kepala Bappeda  Alo Batkormbawa di ruang kerjanya (27/3/2019).

Dikatakan, Desa Teneman Kecamatan Wuarlabobar ditetapkan menjadi pusat pelaksananaan  Musrenbang Kabupaten   2019 merupakan pilihan Pemerintah Daerah agar desa yang jauh dari pusat Kabupaten  tidak terkesan terisolir.

”Pak Bupati juga dari  awal sudah berkeinginan agar pelaksanaan kegiatan –kegiatan yang sifatnya berskala Kabupaten  dapat dilaksanakan kecamatan atau di desa. Pemilihan Teneman ini selain inspirasi dari pak Bupati juga ya hasil kunjungna ke lapangan,  kemudian kami bincang-bincang ternyata baiklah kalau dilaksanakan di desa  juga ya, mungkin dengan segelah keterbatasan di Teneman,  teman-teman dari SKPD teknis ada inspirasi yang muncul disana, soal Komunikasi misalnya,” ujarnya.

Selajutnya dikatakan,  Pelaksanaan Musrenbang  tahun ini  mengusung tema, Peningkatan Infrastrukutur dan Sumber Daya Pembangunan yang berkualitas,  merupakan penyiapan RPKD tahun ketiga   dari massa kepemimpinan Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati untuk tahun 2017-2022.

Narasumber yang akan hadir dalam Musrebang Kabupaten di Teneman antara lain, Bappeda Provinsi, Kepala SKKK Migas Perwakilan Papua Maluku di Sorong,  Deputi Bank Indonesia, termasuk Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

”kita harap hadir wakil –Wakil rakyat kita, mengapa ini menjadi penting karena setelah seminggu dari Musrenbang, seluruh pokok-pokok pikiran yang didapati oleh wakil - wakil kita yang terhormat ini di dari daerah lain dalam wilayah Kabupaten (KT) harus disampaikan supaya dimasukan sebagai bagian dari kebutuhan, ” harapnya.

Ditarget peserta wajib (seluruh kepala SKPD dan yang mengurusi Perencanaan)  yang hadir pada pelaksanaan Musrenbang Kabupaten 2019 sebanyak 300 orang,. dengan anggaran daerah yang dibutuhkan sebesar, 700 Juta Rupiah.

© Diskominfo 2019


Share post ini: