Kepulauan Tanimbar Juara II Lomba Desa Tingkat Regional IV


Bupati Kepulauan Tanimbar - Petrus Fatlolon :“Lomba desa kita sudah tahu hasilnya ya, Latdalam menjuarai tingkat kabupaten, dan kemudian menjuarai tingkat provinsi, kemudian mengikuti lomba tingkat regional, dapat juara dua.”

Saumlaki, Kegiatan Lomba Desa yang digelar Kementerian Dalam Negeri, melibatkan 34 provinsi di Indonesia, akhirnya menetapkan Desa Latdalam Kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, yang mewakili Provinsi Maluku keluar sebagia Juara Kedua Tingkat Regional IV (Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur) Lomba Desa tersebut.

“Lomba desa kita sudah tahu hasilnya ya, Latdalam menjuarai tingkat kabupaten, dan kemudian menjuarai tingkat provinsi, kemudian mengikuti lomba tingkat regional, dapat juara dua.” Kata Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, sesaat setelah Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2019 di Lapangan Madriak, Desa Sifnana, Kelurahan Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sabtu (17/8/2019).

Lanjutnya, “Saat ini Kepala Desa Latdalam itu diberikan penghargaan. Sedang mengiktui Upacara Kenegaraan 17 Agustus, di Istana Negara.” Ujarnya.

Menurut Fatlolon, setelah Kepala Desa Latdalam dan Tim kembali dari Jakarta, bupati akan mendatangi desa Latdalam untuk memberikan apresiasi terhadap perjuangan yang telah dilakukan oleh seluruh komponen yang telah bersama-sama, saling mendukung untuk mewujudkan prestasi yang telah diraih.

“Nanti setelah kembali dari Istana Negara, saya juga akan datang ke Latdalam untuk menyampaikan apresiasi dan sekaligus mengharapkan Latdalam tidak saja karena mengikuti lomba, tetap terus mempertahankan kriteria-kreteria yang sudah ada, sehingga Latdalam akan menjadi contoh bagi desa-desa yang lain.” Katanya singkat.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Elen Kulaleen/Toumahu yang mendampingi proses lomba desa tersebut sejak di tingkat kabupaten, provinsi dan di tingkat regional, dengan penuh bangga campur haru, menyampaikan terima kasih atas kejasama semua pihak sehingga Kabupaten Kepulauan Tanimbar dapat meraih juara dua lomba desa tingkat regional.

“Desa Latdalam Kecamatan Tanimbar Selatan, dinyatakan sebagai juara kedua Lomba Desa Tingkat Regional.” Jawabnya singkat di balik telepon selular.

Elen Kulaleen/Toumahu juga mengharapkan, dukungan dari semua pihak atas kegiatan tersebut, karena sudah 3 tahun berturut-turut Tanimbar keluar sebagai juara tingkat regional. Diharapkan di tahun-tahun yang akan datang, tingkat partisipasi lebih tinggi sehingga mampu mewujudkan cita-cita dan harapan semua pihak untuk meraih juara pertama lomba desa tersebut.

Kepala Desa Latdalam Kecamatan Tanimbar Selatan, Fery Lambiombir yang dihubungi melalui pesan whatsapp tidak merespon, sebaliknya terpantau melalui akun facebook pribadinya, yang bersangkutan sedang berpose ria di Istana Negara bersama dengan beberapa tokoh nasional seperti Yusril Isha Mahendra, dalam acara puncak peringatan 17 Agustus di halaman Istana Negara.


Share post ini: