TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 101 Kodim 1507 Saumlaki dan Pemkab. MTB komitmen Bangun desa


Pjs. PASITER KODIM 1507/SAUMLAKI (KANAN) SEMENTARA MENINJAU LANGSUNG KEGIATAN PEKERJAAN FISIK PEMBANGUNAN RUMAH DINAS PUSTU DALAM RANGKA TMMD KE 101 KODIM 1507/SAUMLAKI DI DESA WERMATANG KECAMATAN WERMAKTIAN

Saumlaki,TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 101 tahun 2018 yang dilaksanakan Kodim 1507 Saumlaki merupakan kerjasama pemerintah daerah dan berkomitmen membangun desa di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Pjs. Pasiter Kodim 1507 Saumlaki Tom Jones Daniel, SH ketika ditemui di ruang kerjanya (5/5) mengungkapkan, TMMD yang dilaksanakan tahun 2018 ini disasarkan pada masyarakat di tiga desa di kecamatan Wermatkian, yaitu desa Marantutul, Wermatang dan Batu Putih dengan skala perioritas pada jenis kegiatan fisik dan non fisik.

Pekerjaan Fisik di desa Marantutul meliputi, Pembangunan Rumah Dinas, Puskesmas Pembantu (Pustu) dengan luas 15 meter. Di desa Wermatang juga dibangun Rumah Dinas, Puskesmas Pembantu (Pustu) dengan luas 15 meter sedangkan di desa Batu Putih dibangun Talut Penahan Ombak sepanjang 100 meter. Selain juga dibangun rabat jalan sepanjang 200 meter dan lebar 2,5 meter serta dibangun Rumah Layak Huni 10 unit, panjang 6 meter dan lebar 6 meter.

Sedangkan untuk pekerjaan non fisik dilakukan Penyuluhan tentang HIV/Aids, Pengobatan masal pelayanan Keluarga Berencana (KB), Penyuluhan tentang wawasan Kebangsaan, Kebhinekaan dan Bela Negara, Penyuluhan tentang Narkoba, Penyuluhan tentang cara pembuatan pupuk organik, penyuluhan tentang penghijauan dan penanaman pohon serta penyuluhan tentang perikanan.

Dikatakannya, jumlah personil yang diturunkan pada kegiatan tersebut sebanyak 510 orang yang berasal dari Dansatgas dan Staf sebanyak 15 orang, Tim Penyuluh 25 orang, SSK 110 dan masyarakat sebanyak 360 sedangkan Anggaran yang digunakan bersumber dari PJO/PJK TMMD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Pelaksanaan kegiatan TMMD tersebut berlangsung dari tanggal 4 hingga 3 Mei 2018 dengan Metode: Gotong royong, Kerjasama secara tepat dan lintas sektoral. TTMD yang dilaksanakan oleh Kodim 1507 Saumlaki merupakan TTMMD yang ke - 6 di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Jones Daniel mengaku, dalam pelaksanaan TTMM ke 101 tahun 2018 ini antusias dan partisipasi masyarakat dari tiga desa yaitu desa Marantutul, Wermatang dan Batu Putih di Kecamatan Wermaktian cukup tinggi, diharapkan semua jenis kegiatan yang dilaksanakan berjalan lancar demi kesejahteraan pada tiga desa tersebut. “partisipasi dari masyarakat sendiri antusias sekali untuk membangun desanya, jadi kita juga ikut bersemangat sekali, “ujar Tom Jones.

©diskominfo-mtb


Share post ini: