LARAT TUAN RUMAH RAKERDA PROVINSI MALUKU


Gubernur Maluku Ir. Said Assagaf ketika dikukuhkan menjadi Anak Adat Tanimbar Utara dengan nama "MAILEMAN" yang dalam bahasa Fordata artinya Kapitan/Pemimpin Yang Berhati Baja.

Saumlaki, Guna mempercepat pembangunan setiap Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi Maluku menggelar Rapat Kerja Daerah tiga kali dalam setahun. Rapat kerja tersebut dimaksudkan untuk mendengar aspirasi masyarakat secara langsung dan selanjutnya dievaluasi dan ditindaklanjuti demi menjawab berbagai persoalan pembangunan. Setelah Rapat kerja daerah Provinsi Maluku digelar di Manipa tahun 2016 lalu, ditahun 2017 rapat kerja daerah tersebut dilaksanakan di Kota Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya dan di Kota Larat Kabupaten Maluku Tenggara Barat tanggal 6 sampai 7 Agustus 2017.

Gubernur Maluku Ir. Said Assagaf bersama rombongan Pimpinan SKPD Provinsi tiba di Saumlaki tanggal 4 Agustus dan selanjutnya dari Saumlaki bersama Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah Kabupaten MTB menuju Kota Larat tanggal 5 Agustus 2017. Gubernur bersama rombongan dalam perjalanan melalui jalan darat dari kota Saumlaki menuju Larat menyempatkan diri menyinggahi dan menyapa warga masyarakat di beberapa desa antara lain Desa Sangliat Dol, Desa Arui Bab serta melaksanakan makan siang bersama di Desa Lumasebu Kecamatan Kormomolin, yang disambut meriah oleh masyarakat dengan berbagai tarian-tarian adat Tanimbar.

Setibanya di Larat, Gubernur dijemput sekelompok tarian adat dilanjutkan dengan penggalungan syal sekaligus menerima sumpah adat oleh tua-tua adat dari 4 desa serangkai di kecamatan Tanimbar Utara antara lain, Desa Watidal, Desa Ritabel, Desa Lelingluan dan Desa Ridol, dalam upacara adat tersebut Gubernur Maluku Ir. Said Assagaf diberi gelar adat dengan nama “MAILEMAN” dan dikukuhkan menjadi anak adat Tanimbar Utara.

Rapat Kerja Daerah Provinsi Maluku yang terpusat di Gedung Temmar Lolan Kota Larat Kecamatan Tanimbar Utara yang dipimpin langsung oleh Gubernur Maluku itu merupakan rapat kerja daerah pertama yang berlangsung di Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan diharapkan akan memberikan dampak positif bagi kepentingan pembangunan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Akhir pelaksanaan Rapat Kerja Daerah Provinsi Maluku dilaksanakan Malam Ramah Tamah dan Pesta Rakyat yang diawali dengan dialog antara Gubernur Maluku dengan masyarakat Kecamatan Tanimbar Utara, dengan maksud mendengar aspirasi masyakat mengenai berbagai masalah pembangunan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat khususnya di Kecamatan Tanimbar Utara untuk selanjutnya dievaluasi dan tindaklanjuti oleh pemerintah Provinsi Maluku.

Kehadiran masyarakat kota Larat pada malam ramah tamah yang diawali dengan dialog tersebut menunjukan bukti antusiasme yang cukup tinggi dalam mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Rapat Kerja Daerah Provinsi di Kota Larat, dengan harapan kota Larat ke depan akan menjadi sebuah kota idaman bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Rapat kerja daerah Provinsi sebelumnya yang digelar di Tiakur ibukota Kabupaten Maluku Barat Daya, sesuai agenda selanjutnya rapat kerja akan dilanjutkan di kota Dobo Kabupaten Aru pada bulan Nopember 2017 mendatang.(Kominfo/Humas)


Share post ini: