Malam Puncak Perayaan Hardiknas Disuguhi Budaya Tanimbar


Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar - Piterson Rangkoratat : “Kita saksikan anak-anak kita tampil dengan tari-tarian dan nyanyian dengan bernuansakan budaya, dan bahasa lokal tanimbar, yang berarti semua yang kita lakukan malam ini menunjukkan identitas dan jati diri kita sebagai masyarakat adat yang berbudaya.”

Saumlaki, Perayaan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 ini dibawah sorotan tema Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan, merupakan hal yang dimaknai bahwa kebudayaan merupakan bagian dari pendidikan yang menunjukkan sebuah misteri dan identitas suatu bangsa atau komunitas suatu masyarakat.

“Masyarakat Tanimbar adalah komunitas masyarakat adat yang memiliki nilai budaya dan adat istiadat yang tinggi yang hidup dan berkembang sejak jaman dahulu.

“Kita saksikan anak-anak kita tampil dengan tari-tarian dan nyanyian dengan bernuansakan budaya, dan bahasa lokal tanimbar, yang berarti semua yang kita lakukan malam ini menunjukkan identitas dan jati diri kita sebagai masyarakat adat yang berbudaya.” Jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) di Gedung Natar Kaumpu, Saumlaki, Kamis (2/5/2019).

Dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 02 tahun 2019 tentang perubahan nama Kabupaten Maluku Tenggara Barat menjadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar, kebudayaan tentu menjadi salah satu prioritas yang menjadi perhatian pemerintah daerah untuk terus dikembangkan pada setiap acara-acara resmi kenegaraan maupun kedaerahan yang ada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Dinas pendidikan merupakan leading sektor yang mempunyai peran penting dan strategis untuk memajukan kebudayaan yang ada di KKT. Oleh karena itu bersamaan dengan perayaan hari ulang tahun pendidikan malam ini, atas nama pimpinan daerah, Bupati dan Wakil Bupati, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, menyampaikan selamat atas terselenggaranya perayaan hari ulang tahun pendidikan yang ke 118 tahun 2019. Dengan harapan perayaan hari ulang tahun ini akan terus mendorong dan menginspirasi kita untuk memajukan pendidikan di daerah ini dengan mewujudkan visi besar Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar yaitu mewujudkan masyarakat Tanimbar yang cerdas.” Kata Rangkortat.

Pemerintah daerah juga menyampaikan terima kasih kepada para guru yang telah mengabdikan diri tanpa pamrih untuk mendidik dan mencerdaskan anak-anak bangsa yang ada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Saya kira peran dan tanggung jawab bapak/ibu guru sangatlah besar untuk mewujudkan Tanimbar yang cerdas seperti yang tadi kami sampaikan.” Jelas Rangkoratat.

Berbagai infrastruktur pendidikan terus dibangun oleh pemerintah daerah, peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga guru akan terus menerus ditingkatkan dari tahun ke tahun, untuk mewujudkan tenaga pendidik yang berkualitas, dan melahirkan siswa berkualitas dan cerdas.

Pada kesempatan tersebut, Rangkoratat juga menyampaikan keputusan bupati tentang penyebaran dan pemerataan tenaga guru di kabupaten, kecamatan dan desa-desa. Dimaksudkan agar semua unit-unit kerja pendidikan yang ada di desa-desa yang ada di pulau-pulau juga memiliki ketersediaan tenaga pendidik.

“Perlu kami informasikan bahwa beberapa hari ke depan akan segera dikeluarkan keputusan bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar tentang pemerataan dan penyebaran tenaga guru di sekolah-sekolah baik yang ada di kabupaten, kecamatan, maupun yang ada di desa-desa. Lebih awal kami informasikan agar pada saatnya ketika menerima SK pemerataan tenaga guru, tidak kaget lagi. Bapak/ibu sekalian kita akan terus menerus memberi perhatian untuk perkembangan pendidikan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar oleh karena itu marilah kita bersatu dalam satu barisan keluarga besar pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk memajukan dunia pendidikan di Bumi Duan Lolat yang kita cintai bersama.” Pungkas Rangkoratat.

© Diskominfo 2019


Share post ini: