Mengedukasi Masyarakat Melalui Aksi Bersih Laut dan Pantai


Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Saumlaki - Jusuf Heljanan : “Perlu juga saya sampaikan bahwa hari ini, hari gerakan bersih laut dan pantai yang digalang oleh Kementerian Perhubungan, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan ini adalah serentak di seluruh indonesia.”

Saumlaki, Dalam upaya untuk melakukan edukasi secara langsung ke masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan laut dan pantai, segenap jajaran insan perhubungan dan beberapa stakeholder terkait terjun langsung ke lapangan untuk melakukan aksi bersih laut dan pantai.

Hal tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2019 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) yang puncak acaranya akan jatuh pada tanggal, 17 September 2019.

“Perlu juga saya sampaikan bahwa hari ini, hari gerakan bersih laut dan pantai yang digalang oleh Kementerian Perhubungan, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan ini adalah serentak di seluruh indonesia.” Ujar Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Saumlaki, Jusuf Heljanan di Saumlaki, Kamis (12/9/2019).

Heljanan juga mengatakan, aksi bersih laut dan pantai juga merupakan tanggung jawab selaku insan perhubungan yang bermaksud memberikan contoh dan teladan baik untuk masyarakat sekitar, maupun untuk keluarga sehingga mampu menciptakan laut dan pantai yang bersih dan indah serta bebas dari sampah plastik.

“Kita bagaimana bisa mengedukasi anak-anak, mengedukasi lingkungan, supaya lingkungan kita ini, bisa bersih dari pada sampah teristimewa sampah plastik.” Ujar Heljanan.

Heljanan juga mengharapkan kegiatan ini bukan menjadi sebuah seremonial belaka tetapi dapat menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan melakukan gerakan dan aksi hari ini, namun dapat berdampak luas dan diharapkan masyarakat juga harus mengikuti.

“Mudah-mudahan seremonialnya saat ini tapi harus mempunyai makna yang berdampak luas, artinya secara terus-menerus supaya laut kita terbebas dari sampah.” Harapnya.

Rangka kegiatan menyongsong Hari Perhubungan Nasional, UPP Kelas II Saumlaki, hanya melaksanakan satu kegiatan yaitu gerakan bersih laut dan pantai dengan melibatkan Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kepala Bandara dengan staf, Karantina, Navigasi Tual, Kapolres MTB, Badan SAR, dan BPBD KKT, bersama masyarakat teristimewa Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM). Selanjutnya rencana melakukan upacara bendera pada tanggal, 17 September 2019 di Bandara Mathilda Batlayeri.

Sebagaimana diketahui, aksi bersih laut dan pantai yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan di seluruh wilayah Indonesia maka pihak Museum Rekor Dunia Indonesia menganugerahkan Piagam Penghargaan kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, atas aksi membersikan luat secara serentak di pelabuhan terbanyak di seluruh pelosok Nusantara.

Penghargaan tersebut dikeluarkan pada tanggal, 12 September 2019 dan ditandatangani Prof. Jaya Suprana selaku Ketua MURI.


Share post ini: