Nama Jalan Atek Lawanaman Resmi Diganti Menjadi S. J. Oratmangun


Djauhari Oratmangun : “Untuk itu dari relung hati kami, mau mengucapkan terima kasih kepada Bupati/Wakil Bupati dan masyarakat Tanimbar, yang sudah mau bersama-sama mengabadikan ruas jalan ini, atas nama ayah saya.”

Saumlaki, Ruas jalan simpang Ir. Soekarno sampai dengan Gereja Ratu Rosario Suci Olilit Timur berdasarkan Surat Keputusan Bupati Maluku Tenggara Barat Nomor 551-352-Tahun 2015 menetapkan ruas jalan tersebut dengan nama Atek Lawanaman.

Panjang ruas jalan kurang lebih 4 kilometer tersebut hari ini resmi mengalami perganti nama menjadi Jln. S. J. Oratmangun.

Nama S. J. Oratmangun diabadikan sebagai bentuk penghargaan terhadap mantan Bupati Pertama Maluku Tenggara Barat (sekarang telah berubah menjadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar).

Almarhum Drs. Salmon Joseph Oratmangun, yang juga merupakan tokoh pejuang dan pendiri Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon dalam sambutannya peresmian nama jalan tersebut mengatakan, Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan pendahulnya.

Bertolak dari ungkapan itu, maka pemerintah daerah menyadari benar bahwa menghargai akan pimpinan daerah terdahulu adalah sebuah kewajiban bagi pemda.

“Oleh karena itu pemerintah daerah berkomitmen penuh untuk mendeklarasikan nama jalan S. J. Oratmangun di ruas jalan ini,” kata Petrus Fatlolon dalam sambutannya dalam acara peresmian nama ruas tersebut di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Senin (14/10/2019).

Menurut Fatlolon, almarhum S. J. Oratmangun telah banyak berbuat dan berjasa di Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Karena itu, pemda tidak saja medeklarasikan nama jalan tetapi pemerintah daerah berencana pada tahun anggaran 2020 akan membangun patung almarhum S. J. Oratmangun.

“Perempatan jalan ini akan kita benahi, median jalan akan kita mundurkan sekitar 15 meter ke belakang, kemudian daerah sekitar ini akan kita benahi. Patung almarhum S. J. Oratmangun akan kita dirikan di tengah-tengah perempatan jalan ini,” ujarnya.

Selain itu, Petrus Fatlolon juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang tinggi kepada anak sulung dari almarhum dan juga dalam kapasitasnya sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Tiongkok dan Mongolia, Djauhari Oratmangun, yang mana telah berkenaan hadir di Kota Saumlaki bersama dengan keluarga besar Oratmangun.

Fatlolon berharap Dubes RI untuk Tiongkok dan Mongolia berkenaan membantu mempromosikan Tanimbar dimanapun berada maka dipastikan akan mendatangkan banyak investor di Tanimbar.

Sementara itu, Djauhari Oratmangun dalam peresmian tersebut mengatakan, suatu kebahagiaan bagi dirinya secara pribadi dan keluarga bisa hadir di kota Saumlaki, atas undangan pemerintah daerah yang diwakilkan oleh Sekda Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Ada rasa haru yang luar biasa di keluarga kami. Lalu saya putuskan, saya sendiri harus hadir bersama adik-adik,” kata Djauhari Oratmangun di Saumlaki, Senin (14/10/2019).

Menurut Djauhari, adalah suatu kebahagiaan buat keluarga Oratmangun atas pemberian nama ruas jalan, yg akan tinggal di situ seterusnya.

Tentunya merupakan suatu penghargaan atas apa yang telah dilakukan oleh ayah kami pada saat itu bersama-sama dengan Pak Wakil. Tentunya untuk mengembangkan kabupaten yang sekarang berganti nama menjadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Untuk itu dari relung hati kami, mau mengucapkan terima kasih kepada Bupati/Wakil Bupati dan masyarakat Tanimbar, yang sudah mau bersama-sama mengabadikan ruas jalan ini, atas nama ayah saya.” Ujar Djauhari Oratmangun.

Menanggapi permintaan Bupati Kepulauan Tanimbar untuk membantu mempromosikan Tanimbar, Oratmangun mengatakan, mudah-mudahan dengan sinergi bersama, apa yang bisa keluarga besar Oratmangun berikan, khususnya dirinya yang bertugas di China, bisa bersinergi bersama untuk membangun kabupaten ini.

“Saya kira itu sesuatu hal yang menjadi tujuan kita bersama.” Pungkas pria yang juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia.


Share post ini: