Pangkosek Hanudas IV Kunjungan Kerja ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar


Panglima Kosek Hanudas IV/Biak Marsekal Pertama - Mujianto, ST.,MTr (Han) : “Perkunjungan ke sini adalah salah satu program kerja tahunan yang harus kita lakukan, dengan tujuannya adalah untuk melihat langsung kepada bawahan atau satuan jajaran.”

Saumlaki, Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional IV/Biak (Pangkosekhanudas) TNI-AU melakukan kunjungan kerja ke Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar merupakan program kerja rutin yang dilakukan setiap tahun.

“Perkunjungan ke sini adalah salah satu program kerja tahunan yang harus kita lakukan, dengan tujuannya adalah untuk melihat langsung kepada bawahan atau satuan jajaran.” Ujar Panglima Kosek Hanudas IV/Biak Marsekal Pertama Mujianto, ST.,MTr (Han) di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Senin (7/10/2019).

Menurut Mujianto, program kerja tersebut dimaksudkan untuk melihat kekurangan-kekurangan serta kondisi nyata yang terjadi di lapangan. Selain hal tersebut, hal yang tidak kalah penting adalah memberikan dukungan moril kepada satuan atau anggota sehingga memotivasi mereka untuk semangat dalam bekerja.

Menyinggug tentang rencana pengambangan Satuan Radar 245 Saumlaki yang berkedudukan di Desa Ilngei Kecamatan Tanimbar Selatan, Mujianto mengatakan, perencanaan ke arah tersebut sudah ada.

“Alutsista dan penambahan personil juga akan ditambahkan sampai kepada penambahan Lanud di sini. Saumlaki nanti akan semakin maju.” Katanya.

Mujianto juga menjelaskan tentang berbagai kendala yang ditemui namun sejauh ini tidak terlalu berpengaruh dan dapat diatasi dengan baik oleh jajarannya. Ganguan-ganguan bisa diatasi dan pelanggaran-pelanggaran relatif berkurang, karena dengan adanya Radar atau Satrad di sini, negara manapun juga takut jika melihat.

“ohhh ada mata di sini. Itulah gunanya Satrad yang ada di perbatasan.” Ujarnya.

Panglima juga berharap agar prajurit harus terus berlatih dan tetap menanamkan jiwa militansi sehingga kerjanya menjadi tenang.

Selain melakukan kunjungan kerja ke Satuan Radar 245 Saumlaki, Panglima juga dijadwalkan untuk berkunjung ke Desa Wisata Bahari yaitu Desa Matakus, melihat pentas budaya dan bakar baru (prosesi masak makanan dengan cara dikukus di dalam tanah), serta melakukan kegiatan pelepasan anakan penyu.

Sebagaimana diketahui, Kosek Hanudnas IV/Biak bertugas menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pertahanan udara di wilayah sesuai pembagian tanggung jawab geografis wilayah Hanudas untuk mendukung tugas Kohanudas.

Kosekhanudas IV/Biak dibentuk sebagai upaya meningkatkan pertahanan udara di wilayah Indonesia Timur, karena di wilayah ini sering terjadi penerbangan gelap “black flight” oleh pesawat-pesawat sipil dan militer asing. Selain itu Kosekhanudnas IV Biak untuk mengawal dan mengamankan ALKI III yang sering dilintasi oleh Armada Laut dan Pesawat Terbang.

 


Share post ini: