PELANTIKAN PENGURUS DAERAH KELUARGA PENCAK SILAT NUSANTARA (KPSN) MALUKU DAN IKATAN PENCAK SILAT INDONESIA (IPSI) CABANG MALUKU TENGGARA BARAT (MTB)


Acara pelantikan tersebut dihadiri Ketua Umum Pengurus KPSN Pusat R. M. Bambang Anggono, SE.,MM bersama Sekretaris Umum (Sekum) KPSN, Eddy Soetono, Pengurus KPSN Pengurus Daerah Maluku, Els Pietersz, Wakil Ketua IPSI Cabang Ambon, Hj. Usman Bahta, Kepada Bidang Organisasi IPSI Cabang Maluku, M. Ridwan Betaubun dan anggota DPRD Kab. Maluku Tenggara Barat (MTB), Paula Laratmase. Kapolres MTB diwakili AKP. Simon Mansiletin dan Kepala Unit penyelenggara Pelabuhan Saumlaki.

Saumlaki, (Diskominfo) Pengurus Besar Pusat Keluarga Pencak Silat Nusantara (KPSN)     R. M. Bambang Anggono, SE.,MM yang juga sebagai Dewan Pelatih (KDP) Pusat, melantik AGUSTINUS UTUWALY, S.Sos dan NUSMER BATJERAN, SE.,MM  selaku Ketua Umum dan Sekretaris Umum KPSN Daerah Maluku masa bakti 2018 - 2022.

Selain dilantik selaku Ketua Umum KPSN Pengda Maluku, AGUSTINUS UTUWALY, S.Sos  juga selaku Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia cabang Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan Sekretaris SAKNOSIWI, S.AP. Sedangkan R.R. M. KABALMAY, S.Pt. M.Si sebagai Ketua harian KPSN Daerah Maluku dan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Cabang Maluku Tenggara Barat, massa bakhti 2018 – 2021. di Gedung Kesenian - Saumlaki, Selasa (8/5/2018).

Acara pelantikan tersebut berlangsung di Gedung Kesenian - Saumlaki, Selasa (8/5/2018),  dihadiri Pengurus Besar KPSN Pusat R. M. Bambang Anggono, SE.,MM bersama Sekretaris Umum (Sekum) KPSN, Eddy Soetono, Pengurus KPSN Pengurus Daerah Maluku, Els Pietersz, Wakil Ketua IPSI Cabang Ambon, Hj. Usman Bahta, Kepada Bidang Organisasi IPSI Cabang Maluku, M. Ridwan Betaubun dan anggota DPRD Kab. Maluku Tenggara Barat (MTB), Paula Laratmase. Kapolres MTB diwakili AKP. Simon Mansiletin dan Kepala Unit penyelenggara Pelabuhan  Saumlaki. 

Ketua Umum KPSN Maluku Agustinus Utuwaly usai dilantik mengatakan, Keluarga Pencak Silat Nusantara atau yang disingkat KPSN ini resmi berdiri di Maluku tepatnya di Saumlaki Kabupaten Maluku Tenggara Barat, pada 26 April 2005 dan dipimpin  oleh Drs. MATHEOS AKTAWALORA selaku Ketua Umum dan JULIUS KELBULAN, Sos Selaku Sekertaris Umum.

“Sejak tahun 2008 KPSN mengalami kevakuman karena Ketua Umumnya berpindah tugas ke Kabupatem Maluku Barat Daya sebagai kabupaten yang baru dimekarkan dari induk Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Karena kevakuman itu maka Drs. JOS MALINDAR, M.Si dan NUSMER BATJERAN, SE  dilantik sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Umum  hingga masa priode berakhir pada tahun 2014. Selanjutnya demi keberlangsungan KPSN di Maluku maka dilakukan proses konsolidasi dan pelantikan kepengurusan yang baru seperti yang kita saksikan di hari ini.” Katanya.

“Selanjutnya saya perlu menyampaikan sedikit prestasi yang diraih selama ini. Pada tahun 2006 pertama kali KPS Nusantara mengirim atletnya untuk mengikuti kejuaraan pada Pekan Olah Raga Pelajar Provinsi Maluku (POPDA) di kota Ambon dan berhasil keluar sebagai juara dua tingkat Provinsi Maluku. Tahun 2007 Cabang Olah Raga Pencak Silat menyumbang, 3 medali emas, 3 perak, dan 4 perunggu pada Pekan Olaraga (Popmal) I di Ambon. Pada tahun 2009, KPS Nusantara Saumlaki menjadi tuan rumah penyelenggaraan Open Tournament Pencak Silat melibatkan kabupaten/kota se-Provinsi Maluku dan KPS Nusantara berhasil meraih juara umum.

Pada tahun 2011 atlet KPS Nusantara menyumbang, 2 medali emas, 6 perak dan 7 perunggu pada Pekan Olahraga Maluku (POPMAL) II di Kota Ambon, dan pada tahun 2014 KPSN menyumbang, 5 emas, 3 perak, 8 perunggu pada Pekan Olaraga Maluku (POPMAL) III di Kota Ambon,” rincinya.

Kesempatan yang sama Sambutan tertulis Bupati Maluku Tenggara Barat, Petrus Fatlolon yang dibacakan Assisten I, Bidang Pemerintahan Setda Maluku Tenggara Barat, Yohanis Batseran, mengatakan Pencak Silat sebagai olahraga prestasi dapat berkembang dan maju pesat bila kepengurusannya kokoh dan seluruh komponen bersinergi dengan baik.

“saya mengharapkan agar kepengurusan KPSN Maluku maupun IPSI Cabang Kab. MTB yang baru saja dilantik dan para pelatih, harus banyak belajar dari pengalaman dan peristiwa-peristiwa olaraga sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar kedepan prestasi olahraga khususnya cabang pencak silat yang dibina, memiliki komitmen memajukan olahraga ini di Kabupaten Maluku Tenggara Barat,” harapnya.

Bupati juga berharap, kedepan cabang olahraga ini mampu menembus level nasional dan kalau perlu hingga ke dunia internasional. Termasuk dapat memberikan nilai lebih dalam mencetak prestasi bagi peningkatan kualitas para atlet.

Proses Pelantikan yang berlangsung kurang lebih 3 jam itu diwarnai dengan atraksi atlet pencak silat yang dilagakan dengan Seni maupun fighter di sela-sela proses pelantikan serta  disiarkan secara tunda oleh Radio Komunitas, Urayana Kordis Saumlaki.

Satu Kebanggaan tersendiri Bagi KPSN Maluku, Ketua Dewan Pelatih Pusat, R. M Bambang Anggono SE.,MM, menyerahkan penghargaan berupa sabuk berwana kuning yang merupakan Sabuk tertinggi urutan kesembilan di dunia pencak silat kepada Ketua Dewan Pelatih Maluku, Anwar Temponen, SE.,MM, karena memiliki tekad untuk membangun Olahraga Pencak Silat sebagai budaya bangsa hingga ke wilayah perbatasan. Sedangkan Ketua Umum KPSN Maluku Agustinus Utuwaly yang bbari dilantik itu menerima sabuk berwarna Merah yang merupakan Sabuk  Penghormatan dalam dunia Pencak Silat.

 


Share post ini: