PELEPASAN CALON JAMAAH HAJI KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT


SEKRETARIS DAERAH KAB. MTB - PITERSON RANGKORATAT, SH “Pemerintah Daerah sebagai penanggungjawab pelaksanaan Ibadah Haji di tingkat kabupaten/kota senantiasa berupaya dengan sungguh-sungguh menyempurnakan dan meningkatkan kualitas pelayanan ibadah haji sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji,”

Saumlaki, (Diskominfo). Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, tahun 2018 melepaskan 10 calon Jamaah Haji asal Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) ke embarkasi Makasar untuk selanjutnya ke menuju Madinah.

“Pemerintah Daerah sebagai penanggungjawab pelaksanaan Ibadah Haji di tingkat kabupaten/kota senantiasa berupaya dengan sungguh-sungguh menyempurnakan dan meningkatkan kualitas pelayanan ibadah haji sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji,” ungkap Sekretaris Daerah, Piterson Rangkoratat mewakili Bupati Maluku Tenggara Barat, berlangsung di Aula Kantor Departeman Agama, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Jumat (20/7/2018).

Dikatakan, upaya pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji dari tahun ke tahun terus dilakukan untuk mencapai kesempurnaan baik di tanah air, waktu keberangkatan, selama berada di Tanah Suci Mekah sampai dengan pemulangan ke tanah air. Namun perlu diketahui bahwa upaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada calon jamaah haji tidak dapat dilakukan sendiri oleh pemerintah daerah, akan tetapi diperlukan keterlibatan semua pihak dalam penyelenggaraan dan pelayanan Calon Jamaah Haji. “saya berharap ibadah haji yang bapak/ibu laksanakan, hendakanya bermuara pada perubahan perilaku tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, baik di daerah maupun bangsa dan negara,” harapannya.

Hadir pada acara pelepasan Calon Jamaah Haji, Wakapolres Maluku Tenggara Barat, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) MTB, Asisten Bidang Pemerintahan Setda MTB, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda MTB dan Kepala Kantor Departemen Agama.

Jadwal keberangkatan calon haji antar lain, Minggu, 22 Juli 2018 para calon jamaah haji berangkat dari Bandara Matilda Batlayeri Saumlaki, transit Bandara Patimur Ambon menuju Bandara Hassanudin Makassar. Senin, 23 Juli 2018, jamaah dari masing-masing kabupaten kemudian diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Emebarkasi Makssar, untuk dikarantinakan selama 1 hari. Selasa, 24 Juli 2018, para jamaah secara betahap dikirim ke Madinah, sebanyak 11 kloter dari Bandara Internasional Hassandin Makassar.

Senin, 3 September 2018, para jamaah haji kembali tiba dari Madinah di Embarkasi Makassar dan Selasa, 4 September 2018, para jamaah haji berangkat dari Embarkasi Hassaudin kembali ke Bandara Matilda Batlyeri Saumlaki.

©diskominfo-mtb


Share post ini: