Pembukaan Sosialisasi Persiapan Pembentukan Puskesos-SLRT Kabupaten/Kota dan Desa/Kelurahan di  Kabupaten Kepulauan Tanimbar


Asisten Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan Setda Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Drs. Joseph J Kelwulan didampingi pimpinan SKPD lingkup Pemkab Kepulauan Tanimbar mengikuti acara Pembukaan Sosialisasi Persiapan Pembentukan Puskesos-SLRT Kabupaten/Kota dan Desa/Kelurahan di  Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Aula SMP Negeri 2 - Kota Saumlaki.

Saumlaki, 15 Juni 2021 Bupati Kepulauan Tanimbar yang diwakili Asisten Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan Setda Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Drs. Joseph J Kelwulan didampingi pimpinan SKPD lingkup Pemkab Kepulauan Tanimbar mengikuti acara Pembukaan Sosialisasi Persiapan Pembentukan Puskesos-SLRT Kabupaten/Kota dan Desa/Kelurahan di  Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Aula SMP Negeri 2 - Kota Saumlaki.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan selama 2 hari, dengan narasumber: Direktur Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Masyarakat Kementerian Sosial RI dan Kepala Bappeda Kabupaten Kepulauan Tanimbar serta 39 peserta berasal dari unsur pelaksana di kecamatan dan instansi terkait.

Sosialisasi tersebut memiliki 5 tujuan yaitu:
1. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dan rujukan bagi PPKS;
2. Untuk pembangunan suatu layanan terpadu SLRT untuk penanggulangan kemiskinan guna meningkatkan kualitas layanan yang berkompeten!
3. Mampu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan berdasarkan profil dalam penerima manfaat;
4. Mampu mengidentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan untuk selanjutnya dilakukan pemantauan penanganan keluhan untuk memastikan keluhan tersebut ditangani dengan baik;
5. Terwujudnya pemahaman bagi stakeholder dan unsur pelaksana sistem pelayanan tuntutan terpadu tentang kelembagaan layanan terpadu bagi masyarakat untuk direkomendasikan ke lembaga/instansi terkait.

Dalam sambutannya Bupati yang disampaikan oleh Asisten Bidang Pembangunan Ekonomi dan Kemasyarakatan diberikan apresiasi kepada yang telah menjalankan program Puskesos-SLRT sejak tahun 2016 hingga sekarang sebagai upaya penanggulangan kemiskinan dan pada tahun ini, Kabupaten Kepulauan Tanimbar masuk dalam 280 Kabupaten/Kota yang menjadi target Kementerian Sosial RI dalam pembentukan Puskesos di seluruh Indonesia.

Beliau menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut merupakan langkah awal sinergitas pemerintah dan masyarakat karena melibatkan para pemangku kepentingan mulai dari desa hingga kabupaten dalam upaya penanganan kemiskinan di daerah. Puskesos-SLRT sebagai tempat yang berfungsi untuk melakukan kegiatan pelayanan sosial bersama secara sinergi dan terpadu antara kelompok masyarakat dalam komunitas yang ada di desa dalam menyelenggarakan kesejahteraan sosial.

Lebih lanjut dijelaskan peran Puskesos-SLRT sangat strategis dalam penanganan kemiskinan daerah dengan didukung dengan aplikator berbasis android bersama sistem informasi kesejahteraan sosial next generation (SIKS-NG). Diharapkan dengan sistem layanan ini dapat mengubah kondisi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. (HUMAS SETDA)


Share post ini: