PEMDA GELAR JUMPA PERS, JELANG PILKADES SERENTAK 2018


Bupati Maluku Tenggara Barat Petrus Fatlolon dalam arahannya menghimbau semua pihak untuk menjaga agar pemilu seretak Kepala Desa tahun 2018 dapat diawasi sehingga berjalan secara aman dan demokratis.

Saumlaki, Menjelang pemilhan umum Kepala desa secara serempak tanggal 19 Nopember 2018, Pemerintah Daerah Maluku Tenggara Barat menggelar jumpa pers bersama awak media lokal MTB, bertempat di ruang rapat Bupati, Jumat 17 Nopember 2018.

Bupati Maluku Tenggara Barat Petrus Fatlolon dalam arahannya menghimbau semua pihak untuk menjaga  agar pemilu seretak Kepala Desa tahun 2018 dapat diawasi sehingga  berjalan secara aman dan demokratis.

Diakuinya, Pilkades serentak yang dilaksanakan tahun 2018 ini merupakan yang pertama kali dalam pemerintahannya bersama Wakil Bupati. ”karena itu penyelenggaraan pilkades serentak ini patut kita waspadai, kita jaga, kita pastikan supaya terselenggara dengan baik aman, tertib dan demokratis, tidak ada intimidasi apapun di desa –desa yang menyelenggarakan pilkades tersebut, ” katanya.

Menurut Bupati berdasarkan laporan masyarakat sejumlah Caleg  akan memanfaatkan moment pilkades untuk kepentingan pileg nanti. ” kita patut untuk mewaspadai hal ini, harapannya jangan sampai nanti karena kepentingan pileg, sehingga pelaksanaan pilkades serentak ini terganggu, ” ungkapnya

Bupati juga menghimbau para camat selaku panitia pengawas untuk meningkatkan pengawasan secara intensif di wilayah kecamatan masing-masing untuk memantau betul penyelenggaraan pilkades sehingga dapat berjalan secara baik.

” saya juga mengaharapkan kepada panitia Kabupaten dan Kecamatan untuk memberikan sedikit arahan kepada panitia pilkades di tingkat desa masing-masing,  supaya mereka harus netral, netralitas penyelenggaran panitia pilkades di desa ini sangat penting,  jangan sampai panitia berpihak pada calon Kades tertentu.  Kalau pantia berpihak maka pasti akan mengganggu kelancaran proses penyelenggaraan pilkades secara serentak, ” ujarnya

Proses Penyelengaran pilkades tersebut diharapkan dapat berjalan dengan baik sehingga dapat menghasilkan para calon kepala desa yang mampu memberikan perubahan bagi desanya masing-masing.

Terselenggaranya proses pilkades secara serentak tahun 2018 ini pada 8 Kecamatan  antara lain : (1). Kecamatan Tanimbar Selatan dengan 4 desa masing-masing : Desa Olilit Raya, Sifnana, Bomaki dan Matakus. (2). Kecamatan Wertamrian dengan 3 tiga desa masing-masing : Lorulun, Arui Das dan Atubul Dol. (3). Kecamatan Wermaktian dengan 5 desa masing-masing : Desa Makatian, Marantutul, Welutu, Rumah Salut dan Weratan. Kecamatan Kormomolin dengan 1 desa. Yakni desa Meyano Bab. Kecamatan Tanimbar Utara dengan 3 desa masing-masing : Desa Lamdesar Timur, Ritabel, Lelingluan. Kecamatan Wuarlabobar dengan 5 desa masing-masing : Desa Lingada, Watmasa, Labobar, Abat dan Karatat. Kecamatan Molu Maru dengan 1 desa yakni desa Adodo Molu.

Hadir pada jumpa pers tersebut Jajaran Polres MTB, Jajaran Satpol P.P Kabupaten MTB, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Maluku Tenggara Barat Johanis Batseran, Kepala Bagian Tata setda MTB Somalay Batlayeri bersama sejumlah Staf. Kapala Bagian Hukum Amphy Moriolkosu bersama sejumlah staf  serta tim pemantau Persiapan Pilkades serentak 2018.   


Share post ini: