Pemda Kepulauan Tanimbar Apresiasi Diklat Transportasi Udara


Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura - Sukarwoto : “Program Kementerian Perhubungan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat difokuskan pada daerah 3T. Tanimbar merupakan daerah terluar karena berbatasan langsung dengan Australia. Kebetulan wilayah kerja BP3 Jayapura mencakup Maluku, Papua dan Papua Barat, maka kegiatan pertama tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.”

Saumlaki, Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar memberikan apresiasi yang tinggi kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Kementerian Perhubungan Repubik Indonesia dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Jayapura, Provinsi Papua yang bekerjsama melaksanakan Kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Transportasi Udara di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

“Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas penyelenggaran Diklat Pemberdayaan Masyarakat Bidang Transportasi, semoga membawa manfaat yang lebih besar terutama dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.” Kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Piterson Rangkoratat di Saumlaki, Selasa (9/4/2019).

Menurut Sekda, pembangunan pada bidang transportasi memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan pembangunan infrastuktur, namun hal yang tidak kalah penting adalah sumber daya manusia (SDM), karena mempunyai peran besar penentu keberhasilan berbagai sektor pembangunan. Diharapkan pelaksanaan diklat tersebut dapat menghasilkan masyarakat yang produktif dan memiliki daya saing yang mampu mewujudkan kemandirian ekonomi.

“Saya berharap melalui kerjasama ini, peserta mendapat ilmu dan ketrampilan yang selanjutnya dapat diimplementasi di masyarakat. Lebih dari itu, saya berharap putra-putri terbaik Tanimbar bisa mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan pada Sekolah Tinggi Transportasi Kemenhub, baik transportasi darat, laut maupun udara.” Tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BP3 Jayapura ketika ditanya alasan pemilihan Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebagai lokasi pelaksanaan diklat mengatakan, hal tersebut berdasarkan program Kementerian Perhubungan yang difokuskan pada daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).

“Program Kementerian Perhubungan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat difokuskan pada daerah 3T. Tanimbar merupakan daerah terluar karena berbatasan langsung dengan Australia. Kebetulan wilayah kerja BP3 Jayapura mencakup Maluku, Papua dan Papua Barat, maka kegiatan pertama tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.” Jelas Kepala BP3 Jayapura, Sukarwoto di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Selasa (9/4/2019).

Sebagaimana diketahui bahwa materi Diklat Penerbangan tersebut membahas tentang teknik pengelasan, perawatan AC (air conditioner) dan isntalasi listrik. Tujuannya adalah bagaimana menumbuhkan semangat wirausaha masyarakat dan berusaha membangun diri dengan kemampuan yang dimiliki melalui diklat tersebut.

“Misalnya terkait dengan AC, bagaimana bisa merawatnya. Kantor di Kepulauan Tanimbar ada berapa banyak AC, sehingga dapat menjadi lahan usaha baru. Terkait instalasi listrik, akan banyak rumah baru yang dibangun, inipun diperlukan personil yang dapat memasang dan memperbaiki instalasi listrik. Terkait las misalnya, dapat menghasilkan produk kerajinan berupa kursi taman, ayunan anak TK, dan lain-lain. Artinya, training ini bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan. Pungkas Sukarwoto.

© Diskominfo 2019


Share post ini: