Pemkab Kepulauan Tanimbar Ajak Masyarakat Wujudkan Indonesia Sehat


Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar - Piterson Rangkoratat : “Dalam kurun waktu 55 tahun kita telah berjuang bersama seluruh masyarakat melaksanakan pembangunan kesehatan. Perjuangan ini kita laksanakan demi mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, produktif dan berdaya saing tinggi,"

Saumlaki, Puncak perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-55 di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Maluku diharapkan dapat bermanfaat untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat.

“Dalam kurun waktu 55 tahun kita telah berjuang bersama seluruh masyarakat melaksanakan pembangunan kesehatan. Perjuangan ini kita laksanakan demi mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, produktif dan berdaya saing tinggi," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Piterson Rangkoratat di halaman kantor Dinas Kesehatan KKT, Selasa (12/11/2019).

Menurut Rangkoratat, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia, tetapi telah mencapai berbagai kemajuan dalam meningkatkan kualitas manusianya sejajar dengan bangsa lain. “Pembangunan kesehatan telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatnya nilai Indeks Pembangunan Manusia dan Usia Harapan Hidup," ujarnya.

Dia menuturkan, meningkatknya Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) 2018, adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir, antara lain, menurunnya angka stunting balita, angka kematian ibu dan angka kematian neonatal.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, strategi pembangunan kesehatan yang dibangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional dituangkan dalam beberapa program strategi seperti program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), program Nusantara Sehat (NS) dan program JKN.

“Hal tersebut menunjukkan dengan kerja sama kita telah berhasil mempersiapkan Generasi Sehat untuk Indonesia Unggul 2045," ujar Rangkoratat.

Diharapkan generasi sehat yang diperjuangkan dapat menjadi SDM Unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka saat bonus demografi mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dr. Juliana Ratuanak selaku koordinator pelaksana kegiatan mengatakan, Hari Kesehatan Nasional yang ke-55 tahun 2019 dilaksanakan secara nasional di seluruh wilayah NKRI, dengan tema Generasi Sehat Indonesia Unggul.

Ratuanak juga mengajak seluruh komponen masyarakat dan jajaran dinas kesehatan agar memahami tema tersebut secara luas, dengan cara mengedukasi masyarakat, berperilaku sehat, membiasakan hidup sehat, bertanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungan untuk hidup sehat secara preventif dan promotif.

“Walaupun diselenggarakan dalam suasana yang sederhana, namun dilandasi dengan semangat kebersamaan dan melayani yang tinggi. Jajaran kesehatan di KKT dapat termotivasi untuk tetap setia dan mengabdi meski dihadapkan dengan banyak kekurangan dan keterbatasan," tambah Ratuanak.


Share post ini: