Pemkab. MTB dukung Kegiatan TMMD Kodim 1507 ke 101 tahun 2018


FOTO BERSAMA USAI PEMBUKAAN TMMD KE 101 KODIM 1507/ SAUMLAKI DI DESA MARANTUTUL KECAMATAN WER MAKTIAN KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT

Saumlaki,Acara pembukaan TMMD yang dilaksanakan di Desa Marantutul dengan sorotan tema :TNI Manunggal Rakyat membangun karakter dan kemandirian bangsa itu, dihadiri Dandim TNI, Kapolres, Danlanal Saumlaki, Satradar Saumlaki bersama jajaran, serta sejumlah Pimpinan SKPD di lingkup Pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Sambutan tertulis Bapak Bupati Maluku Tenggara Barat yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat Bapak Piterson Rangkoratat mengatakan.” Saya selalu mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang berbasis gotong royong untuk kesejahteraan bersama, salah satunya TNI Manungggal Membangun Desa (TMMD) yang telah memberikan pelajaran berharga, betapa pentingnya semangat gotong –royong membangun bangsa. Karena secara historis nilai-nilai kegotongroyongan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tatanan kehidupan masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.” ungkap Bapak Bupati.

Dikatakannya, secara fisik pelaksanaan TMMD tahun ini difokuskan untuk membangun jalan desa, talud pantai, Rumah dinas bagi tenaga kesehatan dan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) dimana pembangunan fisik tersebut sangat membantu aksebilitas masyarakat untuk bekerja, berkegiatan sosial dan aktifitas lainnya guna meningkatkan derajat kehidupan masyarakat. Selain itu upaya-upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan. Ini luar biasa ditengah upaya mengatasi persoalan kemiskinan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang angkanya masih cukup tinggi yaitu 28, 31 % pada tahun 2016 lalu. Namun harus dipahami bersama TMMD bukan semata membangun sarana visik bagi masyarakat desa, tetapi juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta siap menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dihadapi.

Bapak Bupati juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada TNI Darat melalui Kodim 1507 Saumlaki yang telah menetapkan desa Marantutul, desa Wermatang dan desa Batu Putih Kecamatan Wermaktian sebagai lokasi pelaksanaan TMMD ke 101 tahun 2018.

Bapak Bupati berharap, berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik, dan Pemerintah Daerah senantiasa memberikan dukungan bagi kelancaran pelaksanaan kegiatan TMMD, sekaligus Bupati memberikan instruksi kepada Camat Wermaktian untuk menggerakan partisipasi seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan TMMD ke 101 tahun 2018 dan khusus kepala desa Marantutul, Wermatang dan Batu Putih sebagai lokus kegiatan TMMD agar mendukung dan menggerakan partispasi masyarakat di wilayahnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Marantutul akan dibangun Pembangunan rumah dinas Puskesmas Pembantu (PUSTU), di desa Wermatang akan dibangun rumah dinas Puskesmas Pembantu (PUSTU) dan Talud Penahan Ombak, sedangkan di desa Batu putih akan dibangun Rabat jalan 10 unit Rumah Layak Huni.

©diskominfo-mtb


Share post ini: