PEMPROV MALUKU GELAR BIMTEK DI KABUPATEN/KOTA


Pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis yang diprakarsai oleh Dinas Satpol PP Provinsi Maluku, diperuntukan bagi Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Linmas Desa se-kecamatan Tanimbar Selatan oleh Assisten Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Maluku Tenggara Barat-Yohanis Batseran, S.Sos., Selasa (10/7)

Saumlaki, Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Maluku Gelar “Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Satpol PP Dalam Rangka Peningkatan Partisipasi Demokrasi, Hukum, Ketertiban dan Keamanan di Kabupaten/Kota.”

Bimtek yang dilaksanakan oleh Dinas Satpol PP Provinsi Maluku tersebut melibatkan peserta dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Satuan Linmas pada desa-desa di Kecamatan Tanimbar Selatan, Kab. MTB. Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan, Setda MTB, Yohanis Batseran. S.Sos mewakili  Bupati Maluku Tenggara Barat, yang berlokasi pada Aula Missionariorum Sacratissimi Cordis (MSC) Saumlaki, Selasa (10/7/2018).

Sambutan Gubernur Maluku, Said Assagaf, yang disampaikan Asisten Pemerintahan Setda MTB mengatakan, untuk mengoptimalkan urusan pemerintahan daerah agar dapat melakukan upaya bersama mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi dalam kaitan dengan penyelenggaraan ketertiban umum, ketentraman serta perlindungan masyarakat,  “kita memahami bahwa Satuan pamong Praja dan satuan Linmas yang dibentuk pada tingkat Provinsi maupun di tingkat Kabupaten/Kota serta Linmas pada seluruh desa mempunyai tugas membantu kepala daerah untuk menciptkan kondisi daerah yang tentram, tertib teratur sehingga penyelenggaraan roda pemerintahan dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan aman,” kata Gubernur.

Perlu disadari dengan sungguh dan diketahui serta diantisipasi bahwa, baik Kabupaten Maluku Tenggara Barat maupun kabupaten/kota dalam wilayah provinsi Maluku pada kondisi akhir-akhir ini sering dilanda gempa, bencana alam dan lain-lain, yang realitasnya dapat mengganggu kondisi ketentraman masyarakat, “untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi ASN Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Linmas untuk dapat membantu, melindungi, dan melayani masyarakat dengan menciptakan kondisi yang kondisi yang kondusif di semua wilayah kabupaten/kota, termasuk tanggap dalam menghadapi permasalahan yang mungkin saja terjadi di tengah-tengah lingkungan masyarakat, seperti Ilegal Oil, Ilegal Loging maupun Human Trafficking terutama dalam wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat,” ungkap Gubernur.

Gubernur menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para Narasumber yang  berkenan hadir untuk memberikan materi pada kegiatan Bimbtek tersebut, kiranya sumbangsi pemikiran yang diberikan mampu meningkatkan pengetahuan dan membuka wawasan ASN Satpol PP dan Satuan Linmas dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi secara profesional, efektif dan efisien.

Hadir pada pelaksanaan kegiatan bimtek tersebut, Kadis Satpol PP Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Cornelis Belay dan sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan pemda MTB serta anggota Linmas desa sekitar Kecamatan Tanimbar Selatan. Sebagai narasumber pada bimtek tersebut adalah Asisten Bidang Pemerintahan Setda MTB mewakili Bupati dan Ibu B. Unawekla, Sekretaris Satpol PP Provinsi Maluku. (Diskominfo)

 


Share post ini: