Penggunaan DD/ADD Untuk Pembangunan dan Pemberdayaan Desa


Plt. Camat Tanimbar Selatan “Semoga pelayanan pemerintahan di desa lebih memahami pelayanan kemasyarakatan sekaligus tanggungjawab sebagai pengguna anggaran DD/ADD sehingga program/kegiatan yang sudah dirancang akan berjalan dengan baik.”

Saumlaki, Pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa di Kecamatan Tanimbar Selatan pada dasarnya berjalan dengan baik, sebagian besar digunakan untuk membiayai kegiatan pembangunan, pemerintahan desa dan pemberdayaan-pemberdayaan. Namun kesuksesan pengelolaan dana desa masih diwarnai dengan masalah administrasi.

“Persoalan penyelesaian SPJ mungkin saja disebabkan oleh perangkat desa yang belum siap dalam arti bahwa ketika melakukan pengelolaan dana banyak hal yang tidak direncanakan dalam perencanaan sehingga pos yang sudah ditetapkan dalam APBDes terkadang digunakan untuk kegiatan lain.” Kata Pelaksana Tugas Camat Tanimbar Selatan, Beny Samangun, di Saumlaki, Senin (4/3/2019).

Menyingung proses pendampingan terhadap pemerintah desa Beny Samangun menjelaskan, proses pendampingan tetap dilaksanakan oleh kecamatan melalui Seksi Pemerintahan Desa namun tetap berpulang kepada perangkat desa dimana pada saat melakukan proses transaksi tidak konsisten dengan perencanaan APBDes sehingga sulit untuk mempertanggung jawabkan.

Menurut Samangun, di tahun 2019 pihaknya akan berusaha lebih tegas dimana jadwal yang dikeluarkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, terkait penyusunan APBDes dan tahapan pembayaran dana desa akan lebih tegas disampaikan kepada para kepala desa bahwa proses-proses pencairan dilakukan secara bertahap dengan rentang waktu yang tetap sehingga lebih mempermudah dalam proses penyelesaian SPJ. Selain itu pihaknya akan berkoodrinasi dengan Dinas PMD untuk mengecek desa mana yang masih terlambat dalam proses penyelesaian administrasi pengelolaan dana desa tersebut.

Menanggapi rencana pelaksanaan Rapat Kerja Pemerintahan Desa yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Samangun mengatakan, “Intinya dengan adanya rapat kerja ini akan sangat membantu para kades dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan dan pemerintahan desa.”

Mengakhiri perbincangannya dengan Tim Info Publik, Beny Samangun berharap agar pemeritah desa lebih memahami mekanisme dan proses-proses perencanaan sampai dengan pemanfaatan dana desa yang berdampak terhadap pembangunan desa yang lebih ditekankan pada kegiatan pembangunaan, penyelenggaraan pemerintahan desa dan pelayanan publik.

“Semoga pelayanan pemerintahan di desa lebih memahami pelayanan kemasyarakatan sekaligus tanggungjawab sebagai pengguna anggaran DD/ADD sehingga program/kegiatan yang sudah dirancang akan berjalan dengan baik.” Kata Samangun.

©diskominfo 2019


Share post ini: