Pengobatan Gratis Palang Merah Internasional di Kepulauan Tanimbar


Careteker Ketua PMI Kabupaten Kepulauan Tanimbar - Johanis Labobar : “Kami meminta dukungan dari seluruh masyarakat dan stakeholder, pemangku kepentingan baik dari tingkat desa sampai kecamatan, pimpinan umat beragama di Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk dapat membantu sosialisasi dan memberitahukan kepada seluruh masyarakat dan umat sehingga pada akhirnya kami dapat meringankan beban ekonomi masyarakat untuk menikmati pelayanan pengobatan secara gratis.”

Saumlaki, Dukungan dari International Committee Of The Red Cross (ICRC) untuk melaksanakan operasi katarak, pembagian kacamata gratis dan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asetat) akan dilaksanakan di RSUD dr. PP Magretty Saumlaki pada tanggal, 4-6 April 2019 dan RSUD dr. Anatototy Larat pada tanggal, 1-2 April 2019.

Palang Merah Internasional Jakarta bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Provinsi Maluku, dan Palang Merah Indonesia Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan melaksanakan kegiatan pemeriksaan mata dan operasi katarak serta pembagian kacamata gratis, yang sebelumnya akan meminta izin dan koordinasi dengan Pemda KKT.

Selain kegiatan tersebut, Klinik Mata Utama Maluku kerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan melaksanakan kegiatan pemeriksaan IVA Test terhadap penyakit kanker rahim dan kanker payudara kepada masyarakat diseluruh kecamatan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“PMI dibantu Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, telah melakukan fungsi administrasi untuk mendata masyarakat Kabupeten Kepulauan Tanimbar yang terindikasi membutuhkan pelayanan kesehatan pada empat pilar yang tadi kami sampaikan.” Jelas Careteker PMI Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Johanis Labobar, di Saumlaki, Selasa 26/3/2019.

Program Pengobatan gratis merupakan satu upaya menjawab visi-misi Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon dan Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar Agustinus Utuwaly, salah satunya adalah mewujudkan masyarakat Tanimbar yang Sehat.

“Masyarakat dianjurkan untuk mendaftarkan diri pada Puskemas, Pustu, Puskesdes di masing-masing kecamatan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.” Himbau Labobar.

PMI Kabupaten Kepulauan Tanimbar mengucapkan terima kasih atas dukungan yang dilakukan oleh PMI Internasional di Jakarta dan PMI Provinsi Maluku yang telah membantu masyarakat untuk dapat menikmati pelayanan kesehatan gratis karena jika dikonversi nominalnya, biaya operasi cukup mahal.

“Kami meminta dukungan dari seluruh masyarakat dan stakeholder, pemangku kepentingan baik dari tingkat desa sampai kecamatan, pimpinan umat beragama di Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk dapat membantu sosialisasi dan memberitahukan kepada seluruh masyarakat dan umat sehingga pada akhirnya kami dapat meringankan beban ekonomi masyarakat untuk menikmati pelayanan pengobatan secara gratis.” Kata Labobar.

Teknis untuk menampung para pasien akan diatur berdasarkan zona. Zona Kecamatan Tanimbar Selatan, Kecamatan Wertamrian, dan Kecamatan Wermaktian akan berpusat di Kota Saumlaki sedangkan Zona Tanimbar Utara raya/lama terfokus di RS Anaktoty Larat.

“Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar menyediakan transport untuk membantu masyarakat menuju ke lokasi pelaksanaan kegiatan.” Pungkas Labobar.

© Diskominfo 2019


Share post ini: