Penguatan Manajemen dan Peningkatan SDM Pada Jajaran Dinas Pendidikan


Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan - Christianus Fatlolon : “Dalam rangka penguatan manajemen, baik itu sumber daya manusia, keuangan, sarana-prasaran, untuk misi kita membuat perubahan dalam rangka peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.”

Saumlaki, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulaun Tanimbar melakukan langkah-langkah pembenahan manajeman dan administrasi keuangan serta penngkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada jajaran dinas pendidikan terutama kepada kepala sekolah dan bendahara sekolah. Hal tersebut merupakan prioritas kerja yang diusung oleh kepala dinas dan sekretaris dinas dalam program 100 kerja, setalah beberapa waktu lalu dilantik dalam jabatan tersebut.

“Dalam rangka penguatan manajemen, baik itu sumber daya manusia, keuangan, sarana-prasaran, untuk misi kita membuat perubahan dalam rangka peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.” Kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Christianus Fatlolon ketika ditemui di ruang kerja di Saumlaki, Kamis (24/10/2019).

Terkait dengan kegiatan pembinaan dan penguatan kualitas penyusunan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel dengan melibatkan seluruh kepala sekolah dan bendara sekolah lingkup Pemkab Tanimbar, diharapkan penggunaan dan pengolaan anggaran negara bisa dilaksanakan dengan transparan, akuntabel serta dapat dipertanggung jawabkan serta mampu memberikan perubahan.

“Target kami ke depan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar harus naik tingkat, baik satu atau dua tingkat yang penting harus ada perubahan.” Tegas Chris sapaan akrab Sekdis pendidikan.

Mengingat pengelolaan keuangan negara harus tepat sasaran, Chris mengatakan setiap pengelola anggaran harus berupaya semaksimal mungkin untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan melalui pengelolaan keuangan yang baik dan benar.

“Karena ini bukan anggaran pribadi, bukan anggaran keluarga tetapi anggaran negara dan anggaran negara ini diberikan oleh negara untuk Dinas Pendidikan, yang mengelola dengan semua stacholder dalam rangka berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas pendidikan.” Ujarnya.

Menurut Chris, pertemuan tersebut juga dalam rangka mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepualaun Tanimbar yaitu Tanimbar Cerdas, yang merupakan tanggungjawab semua pihak. Salah satunya adalah pembinaan dan penguatan kualitas penyusunan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel.

“Mungkin selama ini sudah jalan tetapi ketika kita evaluasi masih kurang sehingga kita benahi lagi dalam rangka program seratus hari kerja.” Jelasnya.

Sejauh ini sistim pengawasan yang dilakukan dinas pendidikan terhadap keuangan Dana BOS, Bosda, DAK, maupun Dana Swakelola sudah berjalan, namun diharapkan melalui kegiatan penyusunan laporan keuangan yang dilakukan saat ini, akan memberikan perubahan lebih baik ke depannya.

“Kita akan bentuk pendampingan dan pengawasan terpadu untuk semua stakeholder dimanapun, baik kabupaten, kecamatan dan desa pasti kami akan minta untuk dapat membantu supaya anggarannya dipakai sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. Supaya endingnya baik ke depan.” Pungkasnya.


Share post ini: