Penjabat Sekda Menghadiri Pembukaan Konferda AM-GPM Daerah Tanimbar Selatan ke-7 di Balai Pembinaan Umat (BPU) Sejahtera - Kota Saumlaki.


Penjabat Sekretaris Daerah Drs. Ruben B. Moriolkossu, MM., bersama Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Waka Polres Kepulauan Tanimbar serta didampingi pimpinan SKPD lingkup Pemkab Kepulauan Tanimbar dan pimpinan BUMD serta Jemaat GPM Saumlaki mengikuti ibadah minggu dan dilanjutkan dengan Pembukaan Konferda AM-GPM Daerah Tanimbar Selatan ke-7 di Balai Pembinaan Umat (BPU) Sejahtera - Kota Saumlaki.

Saumlaki,23 Mei 2021 Bupati Kepulauan Tanimbar yang diwakili oleh Penjabat Sekretaris Daerah Drs. Ruben B. Moriolkossu, MM., bersama Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Waka Polres Kepulauan Tanimbar serta didampingi pimpinan SKPD lingkup Pemkab Kepulauan Tanimbar dan pimpinan BUMD serta Jemaat GPM Saumlaki mengikuti ibadah minggu dan dilanjutkan dengan Pembukaan Konferda AM-GPM Daerah Tanimbar Selatan ke-7 di Balai Pembinaan Umat (BPU) Sejahtera - Kota Saumlaki.

Pembukaan Konferda AM-GPM Daerah Tanimbar Selatan dihadiri oleh Ketua Umum PB AM-GPM,Melkianus Sairdekut, Wakil Ketua I MPH Sinode, Pdt.Ny. Lenny Rangkoratat/B, S.Th, Ketua MPK Tanimbar Selatan, HR. Tupan,M.Th, para pendeta, pengurus AM-GPM Daerah Tanimbar Selatan, para peserta Konferda yang berasal dari cabang dan ranting AM-GPM Daerah Tanimbar Selatan.

Konferda AM-GPM Daerah Tanimbar Selatan Ke-7 akan berlangsung selama 3 hari di Jemaat Saumlaki dengan tema "Beritakanlah Tahun Rahmat Tuhan Telah Datang dan Kerjakanlah Keselamatanmu", dan sub tema "Menjadi Gereja yang Menghamba Kepada Allah Demi Kesejahteraan Bersama di Tengah-Tengah Dunia".

Pelaksanaan Konferda AM-GPM Daerah Tanimbar Selatan ke-7 yang dilaksanakan 5 tahun sekali sebagai momentum evaluasi maupun penetapan berbagai program pelayanan dan anggaran pendapatan dan belanja serta berdasarkan amanat konstitusi pemilihan ketua dan sekretaris pengurus daerah AM-GPM Daerah Tanimbar Selatan periode 2021-2025.

Dalam sambutan Bupati yang disampaikan oleh Penjabat Sekretaris Daerah mengucapkan selamat dan sukses pelaksanaan Konferda AM-GPM Daerah Tanimbar Selatan ke-7, semoga dapat mencetus berbagai keputusan strategis bagi pengembangan AM-GPM Daerah Tansel.

Lebih lanjut beliau sampaikan bahwa pemuda memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Maju mundurnya suatu negara ditentukan oleh pemikiran dan kontribusi aktif pemuda. Dalam masyarakat, pemuda merupakan satu identitas potensial dalam tatanan masyarakat sebagai penerus cita-cita perjuangan dan pembangunan bangsa. Pemuda dapat berperan secara alamiah dalam kepeloporan dan kepemimpinan untuk menggerakkan potensi dan sumberdaya yang ada dalam masyarakat untuk kemajuan bangsa.

Beliau juga menyampaikan bahwa AM-GPM sebagai satu-satunya organisasi pemuda Gereja Protestan Maluku telah membuktikan bahwa pemuda GPM, tak hanya memiliki karakter dalam kepeloporan dan kepemimpinan di lingkungan internal organisasi tetapi juga teraktualisasi melalui peran aktif dalam pembangunan daerah, bangsa dan negara. Peran tersebut tentu menuntut organisasi untuk menciptakan kader-kader yang dinamis namun tetap berpegang pada motto AM-GPM "Sebagai Garam dan Terang Dunia."

Untuk beberapa hal penting yang patut menjadi perhatian dalam pelaksanaan Konferda AM-GPM Daerah Tanimbar Selatan, diantaranya:
1. Dinamika dan perubahan masyarakat di era modernisasi;
2. Tatanan adat istiadat dan budaya sebagai identitas para kader AM-GPM;
3. Pelestarian lingkungan hidup;
4. Penyiapan SDM dari masyarakat lokal menyongsong beroperasinya Blok Masela.

Beliau menghimbau agar hasil keputusan atau rekomendasi konferda AM-GPM tersebut dapat disampaikan kepada pemerintah daerah berupa ide dan saran demi menciptakan kebijakan-kebijakan yang penting untuk kesejahteraan masyarakat Tanimbar. Banyak hal positif yang telah dilakukan oleh AM-GPM, tak hanya sebatas kepentingan pengembangan kader dan organisasi semata tetapi juga bagi pembangunan di daerah terutama di Daerah Tanimbar Selatan.

Beliau mengakhiri sambutan Bupati dengan memberikan apresiasi dan terimakasih kepada AM-GPM Daerah Tanimbar Selatan atas berbagai karya dan pelayanan di tanah Tanimbar, mari bersama-sama melangkah mengapai cita-cita pembangunan daerah. (HUMAS SETDA)


Share post ini: