PENYERAHAN SIMBOLIS KTP-ELEKTRONIK KEPADA PEMILIH PEMULA


Dalam kesempatan Apel Gabungan tersebut, juga dilakukan pembagian KTP secara simbolis bagi 6 orang perwakilan siswa SMA/SMK di Kota Saumlaki oleh Bupati Kepulauan Tanimbar.

Saumlaki, Apel Gabungan ASN dipimpin oleh Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, bertempat di lapangan upacara kantor bupati, Senin (11/2) Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon menghimbau kepada seluruh SKPD/Unit untuk mulai melakukan penataan administrasi pemerintahan sehubungan dengan telah berubahnya nama Kabupaten Maluku Tenggara Barat menjadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar berdasarkan Peraturah Presiden Nomor 2 Tahun 2019.

"saya harap setiap SKPD sudah harus melakukan penataan administrasi pemerintahan dimulai dengan melakukan perubahan Papan Nama Kantor masing-masing." ujarnya.

Lebih lanjut Fatlolon menghimbau kepada seluruh SKPD untuk menata kantor dengan menonjolkan ciri khas dan budaya Tanimbar.

"tahun kemarin kita sudah mulai dengan melakukan pengecatan motif khas tanimbar, tahun ini saya harap dapat ditingkatkan dengan pemasangan ornamen-ornamen sehingga lebih menonjolkan budaya dan ciri khas Tanimbar," tutupnya.

Dalam kesempatan Apel Gabungan tersebut, juga dilakukan pembagian KTP secara simbolis bagi  6 orang perwakilan siswa SMA/SMK di Kota Saumlaki oleh Bupati Kepulauan Tanimbar. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Yos Metanfanuan ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa untuk tahap awal, akan dibagi 318 buah KTP kepada siswa SMA/SMK di Kota Saumlaki, sedangkan untuk sekolah-sekolah lainnya, Metanfanuan mengatakan bahwa Timnya akan segera melakukan perekaman di SMA/SMK lainnya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

"untuk saat ini masih 5 sekolah SMA/SMK di Kota Saumlaki, namun Tim Perekaman Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan secepatnya melakukan perekaman dan Pembuatan KTP bagi siswa di SMA/SMK di sekolah lainnya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Inisiatif ini dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar mereka (siswa SMA/SMK-red) sebagai Pemilih Pemula dapat menyalurkan haknya pada Pilpress dan Pileg mendatang."  ungkapnya.

Ketika ditanyakan terkait kesempatan bagi pemilih pemula setelah beberapa waktu lalu KPUD menerbitkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Metanfanuan mengakui bahwa dirinya tidak ingin berspekulasi karena hal tersebut adalah kewenangan KPU.

"Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil hanya mengupayakan agar dokumen kependudukan bagi pemilih pemula secepatnya dimiliki oleh mereka, sedangkan terkait hak memilih dalam Pilpres dan Pileg  nanti, sepenuhnya adalah kewenangan KPU, tutupnya.
Terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT), seperti yang telah dimuat beberapa hari lalu, jumlah pemilih Kabupaten Maluku Tenggara Barat (Kepulauan Tanimbar) berjumlah  68.747 pemilih, dengan jumlah pemilih laki-laki adalah 33.549, dan perempuan adalah 35.198, tersebar di 10 Kecamatan, 81 Desa dan 1 Keluarahan serta Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 302 TPS.

©diskominfo-mtb


Share post ini: