PERARAKAN ARCA KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM


Sekretaris Daerah Maluku Tenggara Barat Piterson Rangkoratat dalam sambutannya ketika menerima Acara Kristus Raja Alam Semesta di halaman Kantor Bupati Maluku Tenggara Barat mengatakan, Kehadiran Arca Kristus Raja Alam Semesta perlu dimaknai sebagai sebuah peristiwa iman yang mendatangkan suasana damai dan sukacita dalam kehidupan umat.

Saumlaki, Setelah Arca Kristus Raja Alam Semesta diarak-arakan oleh umat Katolik wilayah Keuskupan MBD tiba di Pelabuhan  Saumlaki dengan menggunakan KM Tanimbar Permai dan diterimah oleh umat Katolik wilayah Keuskupan MTB selanjutnya diadakan perarakan sepanjang kota Saumlaki hingga tiba  di  pelataran Halaman kantor Bupati dan diadakan penghormatan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat(23/11/2018).  Sekretaris Daerah Maluku Tenggara Barat Piterson Rangkoratat dalam sambutannya ketika menerima Acara Kristus Raja Alam Semesta di halaman Kantor Bupati Maluku Tenggara Barat mengatakan, Kehadiran Arca Kristus Raja Alam Semesta perlu dimaknai sebagai sebuah peristiwa iman yang mendatangkan suasana damai dan sukacita dalam kehidupan umat.

Dikatakan, sebagai rumah tangga dan warga gereja dan sekaligus masyarakat untuk  terus menerus mengintropeksi diri, mengevaluasi pribadi –peribadi kita dan juga kolektifitas kelembagaan kita dimana kita bekerja dari seluruh ucapan yang mungkin mencederai sesama, atau mengurangi perasaan sesama yang mungkin saja menimbulkan konflik, diantara kita dan pemicu terjadi kondisi panas yang bisa berujung bentrok dengan sesama kita.

”Melalui Kehadiran Kristus Raja saat ini, di Bumi Tanimbar yang kita cintai bersama seluruh hidup kita sudah mulai kita perbaiki, kita mencoba memperbaiki perilaku –perilaku kita yang kurang berkenan dan kemudian mengarahkan semua totalitas hidup kita untuk hormat dan kemuliaan Tuhan, ”kata Sekda.

Perarakan Arca Kristus Raja Alam Semesta yang dilakukan setiap tahun merupakan sebuah tradisi umat Katolik yang dilakukan secara partisipasi bukan umat Katolik semata namun kerjasama berbagai umat, seperti Umat Kristen Protestan dan Umat Muslim yang ada di sejumlah tempat, sama halnya di Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Maluku Barat Daya.

Di Kabupaten Maluku Barat Daya misalnya perarakan Arca Kristus Raja   dipimpin langsung oleh Asisten bidang Pemerintahan Setda Kab. MBD Drs Denny Ubro bersama jajaran pimpinan SKPD Lingkup Pemda Kab.MBD dan seluruh umat katolik dan  umat Protestan dari Jemaat  GPM MBD  serta umat muslim  dari MBD sendiri.

Sementara di Kabupaten Maluku Tenggara Barat dari unsur Gereja Prostetan, perarakan selama sehari di sambut oleh jemaat GPM Saumlaki dipimpin oleh ketua Kalasis Tanimbar Selatan Pendeta Lenny Rangkoratat bersama seluruh Pendeta dan umat jemaat GPM Tanimbar Selatan.

Sedangkan Umat Muslim  dipimpin langsung oleh ketua MUI Kabupaten Maluku Tenggara Barat Hj Tamzil Herman bersama seluruh Ustad dengan lokasi penghormatan dipusatkan pada Gereja Protestan Ebenheizer dan Mesjid Baiturrahman. Usai penyerahan Arca Kristus raja dilanjutkan dengan Ibadah Sabda bersama dipimpin oleh Wakil Uskup Wilayah MTB – MBD RD Simon Petrus Matrutty. Selanjutnya iringan puji – pujian dari seluruh pimpinan SKPD dan ASN di Lingkup Pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat sebagai tanda penghormatan kepada Kristus Raja Semesta Alam.


Share post ini: