Presiden Arahkan Bupati Kepulauan Tanimbar Perhatikan Blok Masela


Kabag Humas - Blendy Juneth Souhoka : “Jokowi saat berjabat tangan dengan Fatlolon, menyampaikan untuk menepati janjinya mengunjungi Kabupaten Kepulauan Tanimbar di tahun 2020 mendatang.”

Saumlaki, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam rangkaian kunjungan kerja ke Provinsi Maluku, berkesempatan bertemu dengan Gubernur Maluku dan Bupati/Walikota se-Provinsi Maluku di Ambon, Senin (28/10/2019). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berharap Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon dapat memperhatikan proses pengembangan lapangan gas abadi Blok Masela yang dilakukan oleh Inpex Masela Ltd sebagai operator.

“Terkait Blok Masela, Presiden mengarahkan Bupati Kepulauan Tanimbar untuk mengawal pelaksanaan Proyek Blok Masela agar berjalan dengan baik,” tulis Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Kepulauan Tanimbar, Blendy Juneth Souhoka melalui pesan whatsapp ke Media Center Kepulauan Tanimbar di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Selasa (29/10/2019).

Presiden Jokowi menekankan tentang penyediaan lahan dan penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM), harus melibatkan masyarakat lokal di sekitar proyek. Selain itu, Jokowi juga mengatakan akan memperhatikan masalah Participating Interest (PI) 10% untuk Maluku.

Dalam pertemuan tersebut Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon secara khusus menyampaikan beberapa hal kepada Presiden tentang Blok Masela dan kebutuhan-kebutuhan infrastruktur di Kabupaten KepulauanTanimbar.

Infrastruktur tersebut antara lain, kerusakan jalan Trans Yamdena, pengembangan Bandara Udara Mathilda Batlayeri, kondisi jaringan telekomunikasi (internet) dan pembangunan Rumah Sakit.

Hal penting lainnya juga yang disampaikan terkait PI 10%, “bahwa masyarakat Maluku khususnya di Tanimbar sedih, kalau PI yang selama ini sudah direncanakan untuk Maluku harus dibagi dengan daerah lain.” Tegas Fatlolon sebagaimana ditulis dalam rilis tersebut.

Sebagaimana diketahui rangkaian kunjungan kerja Presiden RI bersama Ibu Iriana dan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju ke Provinsi Maluku tersebut untuk mengunjungi lokasi pengungsian para korban gempa Maluku. Turut hadir dalam rombongan tersebut Menteri PUPR, Menteri Perhubungan dan Kepala BNPB.

Presiden Jokowi juga berpesan kepada Bupati Kepulauan Tanimbar bahwa akan mengagendakan kembali rencana kunjungan kerjanya ke Tanimbar pada tahun depan.

“Jokowi saat berjabat tangan dengan Fatlolon, menyampaikan untuk menepati janjinya mengunjungi Kabupaten Kepulauan Tanimbar di tahun 2020 mendatang.” Ungkap Souhoka dalam rilisnya.


Share post ini: