Raker Pemdes Merupakan Sarana Pembelajaran


Ketua Panitia Pelaksana Raker Pemdes - Simon D. Sooroe : “Diharapkan dari Raker Pemdes lebih khusus evaluasi percepatan pelaksanaan penyusunan APBDes Tahun Anggaran 2019, pemerintah desa dalam hal ini Kepala Desa, Sekdes, dan BPD dapat memahami proses penyusunan APBDes dan pada akhirnya bisa mempercepat proses penyusunan APBdes 2019 dan segera ditetapkan”

Saumlaki, Rapat Kerja Pemerintah Desa Tahap Dua yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kepulauan Tanimbar, merupakan sarana pembelajaran bagi para pemangku kepentingan di desa dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

“Diharapkan dari Raker Pemdes lebih khusus evaluasi percepatan pelaksanaan penyusunan APBDes Tahun Anggaran 2019, pemerintah desa dalam hal ini Kepala Desa, Sekdes, dan BPD dapat memahami proses penyusunan APBDes dan pada akhirnya bisa mempercepat proses penyusunan APBdes 2019 dan segera ditetapkan” jelas Ketua Panitia Pelaksana Raker Pemdes, Simon D. Sooroe, di Desa Kandar Kecamatan Selaru, Jumat (8/3/2019).

Sebagaimana diketahui bahwa sampai pada bulan Maret 2019, masih ada desa yang belum menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2019, sehingga diharapkan dengan dilaksanakannya Raker tersebut, para pendamping kecematan dan aparatur pemerintah desa dalam hal ini Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Ketua BPD dapat mempercepat proses penyusunan APBDes TA 2019.

Peserta yang ditergetkan hadir dalam Raker Pemdes tersebut berjumlah 283 orang: yang terdiri dari Camat 10 orang, Kepala Desa 80 orang, Sekretaris Desa 80 orang, Ketua BPD 80 orang, Pendamping Kecamatan 10 orang dan Tenaga Pendamping Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) 28 orang.

Sampai pada hari pelaksanaan rapar kerja tersebut peserta yang hadir berjumlah 216 orang dengan jumlah perwakilan desa sebanyak 76 Desa. Peserta yang tidak sempat hadir adalah peserta yang berasal dari  Desa Romlus dan Desa Teneman di Kecamatan Wuarlabobar) dan Desa Nurkat dan Desa Wulmasa di Kecamatan Molu Maru.

Pelaksanaan kegiatan Rapat Kerja Pemerintahan Desa yang berlangsung sejak tanggal, 8-9 Maret 2019 berlokasi di Desa Kandar, Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar menghadirkan Narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

©Diskominfo 2019


Share post ini: